web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Dramatis, Iran Gagal ke 16 Besar
    net Pemain Iran menangis seusai laga kontra Portugal

    piala dunia 2018

    Dramatis, Iran Gagal ke 16 Besar

    JuaraNews, Saransk - Wakil Asia, Iran secara dramatis gagal melangkah ke babak 16 Besar Piala Dunia 2018 Rusia, setelah hanya bermain imbang 1-1 dengan Portugal pada laga pamungkas fase penyisihan Grup B di Mordovia Arena, Saransk, Selasa (26/6/2018) dini hari WIB.

    Dengan hanya mendapat tambahan 1 poin, Iran finis di peringkat 3 klasemen akhir Grup B, dan otomatis tersingkir. Sementara Portugal, seperti diprediksi sebelumnya, melenggang ke fase gugur sebagai runner-up mendampingi Spanyol yang tampil sebagai juara grup setelah di saat bersamaan juga bermain imbang dengan skor 2-2 dengan Maroko di Kaliningrad Stadium.

    Dalam laga yang digelar bersamaa tersebut, laga Spanyol versus Moroko dan Portugal kontra Iran, saling berkejaran skor. Hal tersebut jadi menarik karena kedudukan skor di 2 laga tersebut, sangat berpengaruh terhadap tim yang akan lolos ke babak 16 Besar.

    Maroko yang pertama kali membuka skor pada menit 14 lewat K Boutaïb, dan unggul 1-0 atas Spanyol. . Dengan hasil tersebut, Spanyol terancam tersingkir dari Rusia, dan membuka peluang Iran ke 16 Besar jika bisa menahan imbang atau menang atas Portugal. Namun selang 5 menit, Spanyol menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui Isco, sehingga situasi kembali ke semula, dan keuntungan tetap memihak kepada Spanyol dan Portugal.

    Di pengujung Babak I, giliran Portugal yang mencetak gol pada menit 45. Dengan skor 1-0 atas Iran, Portugal bisa tampil sebagai juara grup dan diikuti Spanyol sebagai runner-up, sementara Iran terlempar.

    Memasuki menit-menit akhir Babak II, Maroko kembali membalikkan keadaan dan unggul 2-1 atas Spanyol pada menit 81. Gol dari Y En-Nesyri ini membuka asa bagi Iran untuk tampil di 16 Besar, dan Spanyol terancam tersingkir.

    Memasuki masa injury time, kedua laga berlangsung tambah seru yang disertai intrik-intrik dari keputusan wasit yang harus meminta pendapat dari ruang Video Assistant Referee (VAR). Pada menit 90+1, wasit mengesahkan gol Iago Aspas ke gawang Maroko, yang sebelumnya diprotes karena terlihat sudah dalam posisi off-side. Namun setelah berkomunikasi dengan VAR, wasit akhirnya menyatakan posisi Aspas on-side, dan gol yang dilesakkannya sah. Kedudukan pun menjadi sama kuat 2-2, sehingga Spanyol kembali ke track-nya untuk berlaga ke 16 Besar, kendati hanya sebagai runner-up.

    Di laga lain, Iran mendapatkan hadiah tendangan penalti pad menit 90+3 setelah pemain Portugal menahan bola dengan tangannya di kotak terlarang. Keputusan ini mengundang pro-kontra dari kedua kubu.

    Di tengah protes pemain Portugal, wasit pun berkomunikasi dengan VAR untuk mengambil keputusan, bahkan sang pengadil lapangan, harus melihat kembali rekaman video terjadinya handball. Akhirnya, wasit pun dengan mantap menunjuk titik putih. K Ansarifard yang menjadi eksekutor sukses menaklukkan kiper Portugal, sehingg kedudukan menjadi imbang 1-1.
    Skor ini kembali membuka asa Iran, kendati laga hanya menyisakan 3 menit lagi. Skor ini pun membuat posisi Spanyol aman, tidak akan tersalip oleh Portugal di papan klasemen. Di sisa laga, Iran terus membombardir Portugal, namun hingga laga usai di menit 90+7, tak ada gol yang tercipta, dan skor tetap imbang 1-1.

    Dengan hasil di dua laga tersebut, Spanyol akhirnya tampil di 16 Besar dengan status juara Grup B, diikuti Portugal di posisi runner-up. Kedua tim sebenarnya memiliki poin sama 5 dan selisih gol juga sama, +1. Namun Spanyol menciptakan gol lebih yakni 6 gol dan kebobolan 5 go, sedangkan Portugal hanya mencetak 5 gol dan kebobolan 4 gol. Sementara Iran akhirnya harus pulang lebih dulu dari Rusia, setelah hanya mengemas 4 poin dan kalah bersaing dengan Spanyol dan Portugal. Kagagalan menaklukkan Portugal dan batal berlaga di 16 Besar tersebut pun ditangisi para pemain Iran dan pendukungnya.

    Di babak 16 Besar, Spanyol sebagai juara Grup B akan berhadapan dengan runner-up Grup A, Rusia pada 1 Juli mendatang puku 21.00 WIB di Luzhniki Stadium. Sedangkan Portugal akan menghadapi juara Grup A, Uruguay di Fisht Olympic, mulai pukul 01.00 WIB.

    Hasil Pertandingan
    Maroko 0-1 Iran
    Portugal 3-3 Spanyol
    Portugal 1-0 Maroko
    Iran 0-1 Spanyol
    Spanyol 2-2 Maroko
    Iran 1-1 Portugal

    Klasemen Akhir Grup B
    M M S K Gm-Gk P
    1. Spanyol 3 1 2 0 6-5 5
    3. Portugal 3 1 2 0 5-4 5
    2. Iran 3 1 1 1 3-3 4
    3. Maroko 3 0 1 2 2-4 0

    Jadwal Babak 16 Besar
    1 Juli 2018 pukul 01:00 WIB, Uruguay vs Portugal di Fisht Olympic
    1 Juli 2018 pukul 21:00 WIB, Spanyol vs Rusia di Luzhniki. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Indonesia Raih Kemenangan Kedua Piala AFF U16
    Tak Ada Tawaran Serius, Balotelli Bertahan di Nice
    PSG Bantah Bakal Lepas Edinson Cavani
    Pra-Musim: Dortmund Takulukkan Manchester City
    Lakers Lepas Isaiah Thomas ke Nuggets
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 PSM Makassar 31 54
      2 Persija Jakarta 30 50
      3 Persib Bandung 31 49

      Jadwal

        Klasemen Liga Dunia

        Tim M Point
        1. Liverpool 4 12
        2. Chelsea 4 12
        3. Watford 4 12
        4. Manchester City 4 10
        Tampilkan Detail