web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Pusat Kajian Islam Dunia Hadir di Kota Depok
    Istimewa Peletakan batu pertama pembangunan UIII.

    Pusat Kajian Islam Dunia Hadir di Kota Depok

    JuaraNews, Depok - Sejarah peradaban Islam Indonesia hadir dalam rentang waktu yang cukup lama dan telah mewarnai dunia Islam di Nusantara. Hal itu telah melahirkan karakter Islam Wasatiyah, dimana nilai Islam berpadu dengan nilai budaya yang plural dan toleran.

    Upaya untuk kembali meneguhkan peradaban Islam di Indonesia ini, dilakukan Pemerintah melalui tema pendidikan. Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI kini tengah membangun kampus Islam bertaraf internasional, Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

    Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang meresmikan proyek pembangunan UIII berharap kampus ini menjadi pusat kajian atau penelitian peradaban Islam tingkat dunia yang ada di Indoneisa. Terlebih Indonesia dikenal sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia.

    "Kita berharap Universitas Islam Internasional Indonesia, benar-benar menjadi pusat kajian, pusat penelitian peradaban Islam di negara kita, Indonesia," ujar Jokowi yang didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), dalam sambutannya pada acara peletakan batu pertama proyek Kampus UIII di area Gedung Pemancar LPP RRI, Jalan Raya Bogor, Cimanggis, Kota Depok, Selasa (5/6/2018).

    "Sudah sewajarnya, sudah sepantasnya Indonesia menjadi rujukan bagi kemajuan peradaban Islam di dunia. Inilah (Kampus UIII) nanti tempatnya," jelas Jokowi yang juga didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifudin.

    Sementara itu, Menag Lukman menjelaskan bahwa UIII dibangun tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan domestik di bidang pendidikan tinggi Islam, melainkan juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sekaligus untuk meneguhkan kepemimpinan Indonesia di dunia Islam internasional.

    Kampus yang hanya akan membuka tingkat pendidikan Magister dan Doktor ini berlandaskan pada tiga nilai dasar. Nilai keislaman, wawasan dan proyeksi global, serta nilai keindonesiaan.

    "Berbeda dengan kampus-kampus Islam yang sudah ada, tugas dan fungsi UIII tidak hanya menjadi penyelenggara proses belajar mengajar, riset, dan pengabdian masyarakat. Namun, lebih menjadi upaya membangun peradaban Islam Indonesia dan berkontribusi untuk peradaban global melalui jalur pendidikan," kata Menag.(*)

    fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Jokowi Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional
    Rumah James Riady Digeledah KPK
    Wagub Jabar Pastikan Gelar RUPS BJB November
    Soal Bupati Bekasi, Uu Konsultasi dengan Mendagri
    Jabar Butuh 1.500 Penerbangan untuk Layani Umrah
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google