web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


  • Menikah dan Perjuangan
    Menikah dan Perjuangan

    SUAMI dan istri yang sudah menikah, semakin lama komunikasi yang terjadi kurang harmonis.

    Aher: Perlakukan Masyarakat sebagai Pelanggan
    Istimewa Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan.

    Aher: Perlakukan Masyarakat sebagai Pelanggan

    JuaraNews, Bandung - Manajemen publik zaman now atau new management public menuntut pelayanan publik dilakukan secara cepat dan setara. Sifat dan sikap egaliter ini menjadi tuntutan zaman saat ini. Arus globalisasi dan perubahan zaman yang begitu cepat, menuntut para birokrat menyesuaikan arus birokrasinya.

    Dimana masyarakat ingin dilayani secara cepat dan setara. Karena new management public memandang masyarakat adalah customer atau pelanggan. Sedangkan, pelanggan adalah raja. Sementara “raja” mesti diperlakukan atau dilayani secara baik.

    “Saya katakan pada para pejabat struktural dan fungsional, bahwa sekarang suasana sudah berubah, tuntutan sudah sangat berubah, zaman menghendaki kebersamaan menghadapi kesetaraan,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) usai melantik pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Pemprov Jabar di Aula Barat Gedung Sate, Senin (4/6/2018) kemarin.

    Menurut Aher, saat ini seseorang yang menduduki sebuah jabatan tidak lagi dipandang sebagai orang yang memiliki posisi lebih tinggi. Pejabat saat ini dituntut lebih pada pertanggungjawaban kinerja. New management public melihat atasan dan bawahan tidak lagi kentara.

    “Oleh karena itu, teman-teman dari provinsi (Pemprov Jabar) tidak lagi melayani masyarakat sebagai masyarakat atau bawahan, tapi melayani masyarakat sebagai customer atau pelanggan. Itulah new management public yang dikembangkan pada saat ini,” ungkapnya.

    Melalui pelayanan publik seperti ini, Aher menyakini masyarakat akan terlayani secara baik. Dengan begitu ada kepuasan dari masyarakat. Namun, ketika pelayanan yang dilakukan tidak memuaskan akan ada kritik atau cap buruk dari masyarakat untuk pemerintah sebagai pelayanan yang tidak ramah.

    “Maka dari itu, kalau di perusahaan atau dunia bisnis ada good corporate governance, yang memandang pasar sebagai customer. Maka di pemerintahan juga harus memandang masyarakat sebagai customer. Jadi, di pemerintahan juga ada good government governance, pemerintahan yang clear, yang dekat dengan masyarakat,” papar Aher.(*)

    fan

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Alumni Pesantren Persis Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin
    Emil Optimis Penanganan Citarum Harum Lebih Cepat
    Cipayung Kota Bandung Gelar Aksi Solidaritas
    Jabar Bergerak Siap Berkontribus Bangun Jawa Barat
    Uu Arahkan Pelaku Industri Beralih Segitiga Rebana

    Editorial


    • Gong Xi Fa Chai
      Gong Xi Fa Chai

      SELASA (15/2/209) ini merupakan hari istimewa bagi orang-orang Tionghoa atau keturunan China di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.