web stats service from statcounter

Hot News

  • Ini Masjid Tempat Salat Jumat setelah Proklamasi
    Ini Masjid Tempat Salat Jumat setelah Proklamasi
    • 18 Agustus 2018 | 02:54:00 WIB

    HUT RI tahun ini terbilang istimewa karena diperingati pada hari Jumat, sama seperti pelaksanaan proklamasi yang dilakukan Soekarno-Hatta pada 73 tahun silam.

Inspirasi

    Aher: Perlakukan Masyarakat sebagai Pelanggan
    Istimewa Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan.

    Aher: Perlakukan Masyarakat sebagai Pelanggan

    JuaraNews, Bandung - Manajemen publik zaman now atau new management public menuntut pelayanan publik dilakukan secara cepat dan setara. Sifat dan sikap egaliter ini menjadi tuntutan zaman saat ini. Arus globalisasi dan perubahan zaman yang begitu cepat, menuntut para birokrat menyesuaikan arus birokrasinya.

    Dimana masyarakat ingin dilayani secara cepat dan setara. Karena new management public memandang masyarakat adalah customer atau pelanggan. Sedangkan, pelanggan adalah raja. Sementara “raja” mesti diperlakukan atau dilayani secara baik.

    “Saya katakan pada para pejabat struktural dan fungsional, bahwa sekarang suasana sudah berubah, tuntutan sudah sangat berubah, zaman menghendaki kebersamaan menghadapi kesetaraan,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) usai melantik pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Pemprov Jabar di Aula Barat Gedung Sate, Senin (4/6/2018) kemarin.

    Menurut Aher, saat ini seseorang yang menduduki sebuah jabatan tidak lagi dipandang sebagai orang yang memiliki posisi lebih tinggi. Pejabat saat ini dituntut lebih pada pertanggungjawaban kinerja. New management public melihat atasan dan bawahan tidak lagi kentara.

    “Oleh karena itu, teman-teman dari provinsi (Pemprov Jabar) tidak lagi melayani masyarakat sebagai masyarakat atau bawahan, tapi melayani masyarakat sebagai customer atau pelanggan. Itulah new management public yang dikembangkan pada saat ini,” ungkapnya.

    Melalui pelayanan publik seperti ini, Aher menyakini masyarakat akan terlayani secara baik. Dengan begitu ada kepuasan dari masyarakat. Namun, ketika pelayanan yang dilakukan tidak memuaskan akan ada kritik atau cap buruk dari masyarakat untuk pemerintah sebagai pelayanan yang tidak ramah.

    “Maka dari itu, kalau di perusahaan atau dunia bisnis ada good corporate governance, yang memandang pasar sebagai customer. Maka di pemerintahan juga harus memandang masyarakat sebagai customer. Jadi, di pemerintahan juga ada good government governance, pemerintahan yang clear, yang dekat dengan masyarakat,” papar Aher.(*)

    fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Iriawan: Maknai HUT RI dengan Aksi Nyata
    Indonesia Jadi Tujuan Melanjutkan Pendidikan
    PT KAI Siap Sukseskan Asian Games 2018
    Aher tak Bisa jadi Calon Wakil Gubernur DKI
    RSHS Bandung, RS rujukan Atlet Asian Games 2018
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Dirgahayu Republik Indonesia
      Dirgahayu Republik Indonesia

      PADA 17 Agustus 2018, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-73 tahun. Memeringati terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan.

      Advertisement On Google