web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    ITB Ciptakan Alat Deteksi Korban Kecelakaan Laut
    Net Ilustrasi.

    ITB Ciptakan Alat Deteksi Korban Kecelakaan Laut

    JuaraNews, Bandung - Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali berkarya dengan menciptakan alat pencari korban bencana di laut yang diberi nama Human Detection System (HDS).

    Beberapa kali kecelakaan kapal memang menimbulkan banyak korban hilang di laut. Seperti kasus hilangnya 5 orang nelayan di perairan supiori pada Januari 2015 silam.

    Alat ini merupakan gabungan teknologi Machine Learning dan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) ini dirancang oleh Muhammad Arkaan Izhraqi, Nyoman Abiwinanda, dan Adinda Sekarwangi.

    “Karya ini dibuat untuk membantu pencarian korban kecelakaan di laut, mengingat kecelakaan semacam ini kerap terjadi di Indonesia,” kata Arkaan.

    “Awalnya terinspirasi dari Badan SAR Nasional yang menggunakan drone sebagai suatu sistem UAV dalam pencarian korban di laut. Namun pencariannya masih bersifat manual tanpa adanya suatu sistem pendeteksi sehingga akan membutuhkan waktu yang lama dalam pencariannya,” lanjut Arkaan.

    Berbeda dengan UAV pada umumnya, HDS lebih unggul karena dapat bekerja secara otomatis tanpa harus melakukan pemantauan secara terus menerus oleh operator di ground station.

    Daerah pencarian yang cukup luas dan operator yang tidak memungkinkan untuk memantau pencarian selama 24 jam, HDS menjadi solusi yang efektif untuk memecahkan masalah ini.

    Karya ini dibuat dengan mengintegrasikan sistem autopilot UAV berupa Hexa Copter dengan perangkat lunak pendeteksian obyek, sehingga proses pencarian dapat diotomatisasi, dan proses pencarian memungkinkan dilakukan secara paralel.(*)

    fan

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Revisi UU KPK Resmi Berlaku, Mahasiswa Demo Lagi
    UU KPK Hasil Revisi Berlaku Mulai Kamis Ini
    Ridwan Kamil Raih Penghargaan Inspirational Leader
    DPRD Jabar Dorong Penguatan Lembaga Parlemen
    OTT Bupati Indramayu, Emil: Saya Sudah Ingatkan

    Editorial