web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    6.000 KTP-El yang Tercecer di Bogor Dihancurkan
    net

    6.000 KTP-El yang Tercecer di Bogor Dihancurkan

    JuaraNews, Bogor – Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil memusnahkan KTP-el yang rusak di gudang penyimpanan di Kabupaten Bogor. Sekitar 6.000 KTP itu dimusnahkan dengan cara dipotong.

    "Agar masyarakat percaya bahwa (KTP yang rusak) ini tidak digunakan untuk persoalan politik, setiap KTP yang tidak digunakan atau rusak akan dipotong,” tutur Direktur Jenderal Dukcapil, Zuldan Arif Fakhrullah, Senin (28/5/2018).

    Dia mengakui pemusnahan itu atas arahan Mendagri Tjahjo Kumol. Hal ini untuk mengantisipasi penyalahgunaan kartu identitas jelang Pemilihan Kepala Daerah serentak 2018 dan Pemilihan Presiden 2018.

    Zuldan mengaku telah menugaskan sekitar 50 orang untuk memotong KTP tersebut di gudang milik Kemendagri, Kecamatan Kemang. Pihaknya juga memperbolehkan pihak Dewan Perwakilan Rakyat atau instansi terkait lainnya untuk melihat langsung ke lokasi.

    Peristiwa KTP yang jatuh berserakan dari kendaraan pengangkut barang di Jalan Raya Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor, Sabtu 26 Mei 2018 siang, menimbulkan kecurigaan masyarakat. Terlebih, setelah foto dan video saat KTP tersebut terjatuh beredar luas di media sosial dibumbui informasi bohong oleh pihak tak bertanggung jawab.

    Dirinya memastikan KTP yang ditemukan warga saat itu tidak berlaku atau invalid. Ia menjelaskan dua kerusakan yang terjadi yakni kerusakan fisik karena kesalahan cetak dan kesalahan data seperti penulisan nama, tempat tanggal lahir dan sebagainya.

    "Di media sosial timbul pertanyaan, wong KTP-nya bagus kok dikatakan rusak. Yang rusak elemen datanya," imbuhnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Iriawan: Maknai HUT RI dengan Aksi Nyata
    Indonesia Jadi Tujuan Melanjutkan Pendidikan
    PT KAI Siap Sukseskan Asian Games 2018
    Aher tak Bisa jadi Calon Wakil Gubernur DKI
    RSHS Bandung, RS rujukan Atlet Asian Games 2018
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Dirgahayu Republik Indonesia
      Dirgahayu Republik Indonesia

      PADA 17 Agustus 2018, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-73 tahun. Memeringati terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan.

      Advertisement On Google