web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    BPBD Perbaiki Enam Rumah yang Rusak karena Bencana
    net

    BPBD Perbaiki Enam Rumah yang Rusak karena Bencana

    JuaraNews, Cimahi - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi akan merenovasi rumah yang terdampak bencana. Berdasarkan data tercatat ada enam rumah warga yang terdampak bencana dan akan diperbaiki di tahun ini.

    Berdasarkan data yang dimiliki BPBD Kota Cimahi, rata-rata rumah milik warga yang mengalami kerusakan itu karena terdampak bencana banjir, cuaca ekstrem, dan pelapukan serta pergeseran tanah.

    Setiap rumah yang akan direnovasi menerima bantuan dari BPBD sebesar Rp 15 juta yang digunakan untuk membeli material dan ongkos tukang bangunan yang akan mengerjakan perbaikan.

    "Kami sudah melakukan rapat dengan OPD terkait, dan ini harus cepat ditangani. Makanya di kami ada tindakan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana, bukan saat tanggap darurat,” kata Kepala BPBD Kota Cimahi, Dani Bastiani.

    Pihaknya menolak dikatakan menunda-nunda pemberian bantuan renovasi rumah milik masyarakat yang terdampak bencana. Hal tersebut menanggapi adanya keluhan masyarakat yang rumahnya rusak dan hampir ambruk karena pergeseran tanah, namun sudah sebulan tak kunjung diperbaiki.

    Menurutnya, sebelum masyarakat penerima manfaat mendapatkan bantuan renovasi rumah, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan, antara lain menerima laporan dsri masyarakay, assessment, hingga penerbitan SK Wali Kota.

    "Kita kan harus prosedural dan sesuai Standard Operational Procedure (SOP). Pertama kalau ada bencana, kita menerima laporan dari masyarakat, lalu akan kita cek dampaknya seperti apa. Kalau ada rumah roboh, tentunya kita kroscek, apakah karena bencana atau bukan. Kalau bukan ya artinya bukan penerima manfaat BPBD, tapi masuk ke rutilahu," sebutnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Petugas Buat Sketsa Wajah Bocah Korban Pembunuhan
    Pembangunan PAB Kota Cimahi Segera Dilanjutkan
    288 ASN di Pemkot Cimahi Diganjar Penghargaan
    Lulusan SD dan yang Diterima di SMPN Tak Sebanding
    Satgas kembali Temukan Limbah Dibuang ke Sungai
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Dirgahayu Republik Indonesia
      Dirgahayu Republik Indonesia

      PADA 17 Agustus 2018, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-73 tahun. Memeringati terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan.

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018