blog counter

6 Ton Limbah Medis B3 Rumah Sakit Dimusnahkan



6 Ton Limbah Medis B3 Rumah Sakit Dimusnahkan

JuaraNews, Ciamis – Sebanyak 6 ton limbah medis B3 di RSUD Ciamis dimusnahkan secara bertahap. Pemusnahan limbah dilaksanakan  oleh pihak ketiga perusahaan jasa pemusnah limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di wilayah Karawang.  

Selama ini limbah medis yang diantaranya berupa jarum suntik, bekas infus termasuk perban bekas operasi dan luka ditimbun di tempat Instalasi Pengolah Air Limbah (IPAL) di salah satu sudut rumah sakit.

Sebelum  diangkut,  limbah yang dimasuukkan dalam ratusan kantong plasktik warna kuning tersebut  ditimbang. Selanjutnya dimasukkan ke dalam truk kontener.

“Kami tidak memiliki insinerator pengolah limbah yang mumpuni, sehingga mengandalkan pihak ketiga sebagai operator pemusnahan limbah B3 rumah sakit,” kata Direktur RSUD Ciamis Aceng Solehudin, Jumat (25/5/2018).

Sebelumnya pemusnahan limbah klinis B3 dilakukan pihak RSUD sendiri. Akan tetapi persoalan muncul, karena proses pemusnahan masih menimbulkan dampak lingkungan. Sehingga proses pemusnahan tersebut dihentikan untuk mengantisipasi protes yang lebih luas.

“Kami menghentikan proses pemusnahan limbah, setelah ada protes dari warga sekitar yang merasa terganggu dengan dampak dari pembakaran limbah,” pungkasnya. (*)

yan

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Kampung KB Perceka, Perkuat Institusi Keluarga dengan Berbagai Inovasi
Bom Astanaanyar, BNPT: Motifnya Kebencian Pada Pemerintah dan Aparat Kepolisian
Persoalan Stunting Berkaitan dengan Keikutsertaan Suatu Negara di Piala Dunia
Pemprov Jabar Dorong Keterbukaan Informasi Melalui Teknologi Digital
Wakil Ketua DPRD Jabar Kutuk Bom Bunuh Diri Astana Anyar
Berita Terdahulu

Editorial


    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)

    Ads