web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Keberadaan Guru Alquran Braille Masih Minim
    net

    Keberadaan Guru Alquran Braille Masih Minim

    JuaraNews, Bandung Barat - Keberadaan tenaga pengajar alquran braille di Indonesia masih sangat minim. Untuk itu diperlukan wadah bimbingan yang bisa melahirkan guru-guru alquran braille yang bisa ditempatkan ke seluruh daerah. 

    "Banyak kalangan tunanetra yang belum memahami alquran akibat minimnya guru alquran braile di Indonesia," terang Ketua LSM Umimaktum Voice, Entang Kurniawan, di sela kegiatan Alquran Braille Camp 2018, di Babesdiklatkesos, Jalan Panorama, Lembang, KBB, Selasa (22/5/2018).

    Dia menyebutkan, jika di wilayah Bandung Raya ada 20.000 tunanetra dan keberadaan guru alquran braille sekitar 50 orang. Jumlah itu tentu sangat tidak memadai sehingga banyak kejadian penderita tunanetra yang belum memahani benar tentang alquran. Untuk itulah salah satu tujuan alquran braille camp ini untuk bisa melahirkan guru-guru baru. 

    "Di sini ada 30 orang yang dididik dan digembleng pemahaman tentang alquran dan sejarahnya. Semoga sesuai dengan program Kemensos mereka bisa jadi instruktur alquran braile dan melayani tunanetra di seluruh Indonesia," ucapnya. 

    Kepala Balai Penerbitan Braille Indonesia (BPBI) Abiyoso, Dani Widarman yang hadir dalam kegiatan menambahkan, pihaknya dalam satu tahun menyediakan aksestabilitas untuk literasi brailenya dengan mencetak 51.000 eksemplar jenis dan judul buku termasuk alquran. Setiap tahunnya distribusikan ke seluruh Indonesia dan untuk tahun ini baru terealisasi 36% dari total 51.000 cetakan eksemplar. 

    Hanya saja untuk alquran braille pihaknya kerap terkendala dengan pengiriman. Karena beda dengan buku, alquran braille 1 juz beratnya 1 kg artinya ketika 30 juz maka beratnya total 38 kg. “Ini juga yang menjadi perhatian agar bagaimana pendistribusian alquran braille ini juga bisa mudah dan cepat ketika dikirim kepada lembaga penerimanya,” kata dia. (*) 

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Ribuan Kendaraan Terjebak Macet di Jalur Lembang
    4.000 Hewan di KBB akan Diberi Vaksin Rabies
    Pelaku Perampokan di Minimarket Diringkus
    Keberadaan Guru Alquran Braille Masih Minim
     Pemda KBB Siapkan Operasi Pasar Beras Murah
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018