web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Pemprov-BBWS Percepat Proyek di Sepanjang Citarum
    Istimewa Pembersihan Sungai Citarum.

    Pemprov-BBWS Percepat Proyek di Sepanjang Citarum

    JuaraNews, Bandung - Untuk mengatasi persoalan banjir di wilayah Bandung Raya, Pemprov Jabar bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum mempercepat pembangunan sejumlah proyek di sepanjang Sungai Citarum.

    Upaya percepatan dilakukan mulai dari meningkatkan kapasitas atau normasilasi Sungai Cikeruh Hilir, Sungai Cikijing dan Sungai Cimande. Peningkatakan kapasitas ketiga sungai tersebut untuk mengatasi banjir di Jalan Raya Rancaekek.

    "Untuk peningkatan kapasitas Cimande (progresnya) sudah 16,80 persen, peningkatan Sungai Cikijing 7,18 persen dan sedang dilakukan juga peningkatan Sungai Cikeruh Hilir," kata Sekda Jabar Iwa Karniwa, dilansir Detik.com.

    Kemudian, lanjut dia, proyek selanjutnya yang sedang diupayakan adalah peningkatan kapasitas Upper Sungai Citarum di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung. Proyek ini masih dalam tahap pembebasan lahan atau masih 0 persen sehingga harus dilakukan akselerasi.

    Selain itu ada juga proyek pembangunan floodway Sungai Cisangkuy di Kabupaten Bandung. Untuk pengerjaan paket 1 progresnya sudah 17,36 persen dan untuk paket 2 sudah mencapai 19,28 persen. Proyek ini, kata Iwa bisa mengurangi banjir di kawasan Pameungpeuk, Dayeuhkolot dan Baleendah, di Kabupaten Bandung.

    Proyek selanjutnya mengenai pembangunan Danau Retensi Cieunteung. Proses pembangunan proyek tersebut, kata Iwa sudah 67,72 persen. Danau retensi ini diproyeksikan untuk menyelesaikan banjir tahunan di Baleendah, Kabupaten Bandung.

    Tidak hanya itu, untuk menyelesaikan banjir di Bandung Selatan juga akan dibangun Tunnel di Curug Jompong. Tunnel ini bisa menambah solusi penyelesaian banjir tahunan di wilayah Bandung Selatan. Proyek ini progresnya baru mencapai 5,74 persen.

    "(Karena) kalau hanya pembangunan Cieunteung yang luasnya sekitar 8 hektar, tidak akan cukup untuk mengatasi banjir. Makanya melalui arahan menteri, diarahkan untuk membangun terowongan di sekitar Curug Jompong," ucapnya.(*)

    fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Iriawan: Maknai HUT RI dengan Aksi Nyata
    Indonesia Jadi Tujuan Melanjutkan Pendidikan
    PT KAI Siap Sukseskan Asian Games 2018
    Aher tak Bisa jadi Calon Wakil Gubernur DKI
    RSHS Bandung, RS rujukan Atlet Asian Games 2018
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Dirgahayu Republik Indonesia
      Dirgahayu Republik Indonesia

      PADA 17 Agustus 2018, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-73 tahun. Memeringati terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan.

      Advertisement On Google