web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    Cemari Citarum, 130 Perusahaan di Cimahi Disanksi
    net

    Cemari Citarum, 130 Perusahaan di Cimahi Disanksi

    JuaraNews, Cimahi – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, mencatat ada 130 perusahaan yang sudah dijatuhi sanksi akibat membuang limbah ke Citarum. Para pemilik pabrik tidak mengindahkan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

    Sanksi tersebut terbagi ke dalam tiga kategori, yakni sengketa lingkungan sebanyak 35 perusahaan, sanksi pengawasan sebanyak 69 perusahaan, dan closing sanksi sebanyak 26 perusahaan.

    Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna menyebutkan, khusus untuk 35 perusahaan yang terkena sanksi sengketa lingkungan hidup, telah dilimpahkan ke Kementerian Lingkungan Hidup. Statusnya 13 perusahaan sepakat membayar ganti rugi kerusakan lingkungan, 8 perusahaan tidak menyepakati ganti rugi kerusakan lingkungan, 12 perusahaan diberikan peningkatan status administratif, 1 perusahaan sedang proses mediasi, dan 1 perusahaan sudah pailit. "Diakui dengan data itu memang kenyataan ada pencemaran lingkungan di Cimahi," ucapnya.

    Ratusan pabrik tersebut terbukti memiliki andil dalam pencemaran Sungai Cimahi, Sungai Cisangkan, Sungai Cibabat, Sungai Cibaligo, dan Sungai Cibeureum. Kelima sungai tersebut bermuara di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum yang saat ini tengah direvitalisasi.

    “Perusahaan itu tidak memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Imbasnya, pabrik di Kota Cimahi menjadi salah satu penyumbang pencemaran DAS Citarum,” sebutnya.

    Diakui Ajay, sejauh ini masih banyak perusahaan di Kota Cimahi yang berlaku nakal, dengan membuang limbah secara langsung ke sungai tanpa melalui proses IPAL yang baik. "Saya minta jangan main-main dengan waktu 3 (tiga) bulan yang diberikan mereka harus mengoptimalkan IPAL,” pungkasnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Warga Cimahi Keluhkan Lamanya Renovasi RTLH
    Wali Kota Minta Puasa Jangan Buat PNS Malas
    Tangkal Radikalisme TNI Sempurnakan Doktrin Tridek
    Bappenda Cimahi Revisi SPPT Wajib Pajak
    Antisipasi Teror Bersenjata Mapolres Cimahi Dijaga
    Berita Terdahulu

    Info Kota

    Pilwalkot Bandung 2018

    Editorial

    • Marhaban Ya Ramadan
      Marhaban Ya Ramadan

      DATANGNYA bulan suci Ramadan ini begitu istimewa bagi kaum muslimin. Banyak makna yang terdapat di Bulan Puasa ini.