web stats service from statcounter

Hot News

  • Anggota The Jak Tewas, Viking Minta Maaf
    Anggota The Jak Tewas, Viking Minta Maaf
    • 25 September 2018 | 07:47:00 WIB

    VIKING meminta maaf atas tewasnya Haringga Sirila (23) dalam peristiwa pegeroyokan yang dilakukan oknum di Stadion GBLA, Minggu (23/9/2018).

Inspirasi

    Sebagian Warga KBB Sudah Puasa Lebih Dulu
    net

    Sebagian Warga KBB Sudah Puasa Lebih Dulu

    JuaraNews, Bandung Barat - Jamaah Thoriqoh Dzatul Jalal Al Qodiriyah wa Gozaliah di Kecamatan Cisarua, KBB mulai melaksanakan puasa pada Selasa (15/5/2018). 

    Para jamaah di Pondok Pesantren Al Barkah wal Khoir Daarul Khodir Assalyan itu bahkan pada Senin (14/5/2018) malam, telah melaksanakan shalat tarawih berjamaah di Masjid Jami Nurul Hikmah Assalyan, di Komplek Ponpes di Kampung Cipeusing, Desa Jambudipa, Cisarua, KBB. 

    "Kami memiliki penanggalan sendiri berdasarkan rujukan guru kami dimana Tanggal 1 Ramadhan 1439 jatuh pada hari Selasa 15 Mei 2018," kata Juru bicara Ponpes Al Barkah wal Khoir Daarul Khodir Assalyan, Wahyu Robhana, Selasa (15/5/2018).

    Dia meminta, perbedaan tanggal awal bulan puasa yang dijalankan Jamaah Thoriqoh Dzatul Jalal Al Qodiriyah wa Gozaliah dengan ketentuan awal puasa yang dikeluarkan oleh pemerintah tidak perlu menjadi suatu permasalahan.

    Menurutnya, itu adalah keyakinan sehingga jangan menjadi permasalahan, karena pihaknya pun menghargai umat muslim lainnya yang mengikuti anjuran pemerintah. Dia menjelaskan, penetuan bulan Islam dari Muharam sampai Dzulhijjah berdasarkan dua metode.

    Metode pertama adalah berdasarkan rukyat yaitu dengan melihat langsung datangnya keberadaan bulan dengan melihat langsung. Sedangkan metode hisab berdasarkan ilmu falak atau istilahnya ilmu astronomi berdasarkan syariat Islam. 

    "Kalau untuk jamaah kami menggunakan metode hisab berdasarkan rujukan guru dan leluhur kami," pungkasnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tak sesuai Standar, Kemenhub Tutup Unit Uji KIR
    Pimpin KBB, Akur Siap Jawab Keraguan Masyarakat
    Apdesi KBB Minta Plt Bupati Tidak Lakukan Mutasi
    Terlalu Banyak, Dana Bantuan ke LSM Tak Merata
    Hotel di Lembang Sepi karena Pengaruh Macet
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Info Kota