web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


  • Menikah dan Perjuangan
    Menikah dan Perjuangan

    SUAMI dan istri yang sudah menikah, semakin lama komunikasi yang terjadi kurang harmonis.

    BTNGC Gelar Latihan Budidaya Ikan Dewa di Ciremai
    net

    BTNGC Gelar Latihan Budidaya Ikan Dewa di Ciremai

    JuaraNews, Kuningan – Balai Taman Nasional Gunung Ciremai menggelar latihan budi daya ikan dewa sekitar Gunung Ciremai, Jumat (11/5/2018). Kegiatan yang bekerjasama dengan Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan (BRPBATPP) ini meliputi teori dan praktik.

    Latihan budi daya ikan dewa atau tor soro itu dibuka Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah 1 Kuningan San Andre Jatmiko. Kegiatan itu juga disaksikan Kepala Bidang Perikanan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Kuningan Denni Rianto, sejumlah pejabat dan staf fungsional Pengendali Ekosistem Hutan dari BTNGC, dan beberapa aparat pemerintah desa setempat.

    Materi disertai praktik budi daya ikan dewa dalam kegiatan itu disampaikan dua peneliti dari BRPBATPP, Jojo Subagja dan Otong Zenal Arifin. Materi pelatihan itu di antaranya pengenalan jenis, habitat, dan sifat biologis ikan dewa. Tata cara dan teknis pengembiakan, pemeliharaan, hingga gambaran prospek usaha dari hasil budi daya ikan tersebut.   

    KSPTN wilayah 1 BTNGC  San Andre Jatmiko mengungkapkan keberadaan ikan dewa di Kabupaten Kuningan, seperti di antarnya di Kolam Renang Cibulan, Cigugur, dan Kolam Darmaloka selama ini masih terpelihara lestari.

    “Kelestarian ikan dewa di kolam-kolam tersebut terjaga karena ikan dewa di Kuningan masih disakralkan dan dimitoskan masyarakat. Dan, kami berharap kelestarian ikan dewa di Kuningan bisa terus terjaga selamanya sehingga di masa-masa yang akan datang keberadaan ikan itu bisa dilihat dan dinikmati anak cucu kita,” tuturnya. (*)

     

    yan

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Alumni Pesantren Persis Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin
    Emil Optimis Penanganan Citarum Harum Lebih Cepat
    Cipayung Kota Bandung Gelar Aksi Solidaritas
    Jabar Bergerak Siap Berkontribus Bangun Jawa Barat
    Uu Arahkan Pelaku Industri Beralih Segitiga Rebana

    Editorial


    • Gong Xi Fa Chai
      Gong Xi Fa Chai

      SELASA (15/2/209) ini merupakan hari istimewa bagi orang-orang Tionghoa atau keturunan China di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.