web stats service from statcounter

Gedung Sate

    Hot News

    Inspirasi

    • Fokus Seorang Pemimpin
      Fokus Seorang Pemimpin

      MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

      Angka Partisipasi Pemilih Pilkada Serentak 77,5%
      net

      Angka Partisipasi Pemilih Pilkada Serentak 77,5%

      JuaraNews, Bandung Barat - Kemendagri meminta angka partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak 2018 di semua daerah bisa meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Untuk itu sosialisasi harus dilakukan secara masif bukan hanya oleh KPU sebagai penyelenggara pilkada tapi juga oleh pemerintah daerah dengan keberadaan desk pilkadanya.

      "Untuk angka partisipasi pemilih ini kami sudah mematok angkanya sebesar 77,5% untuk semua daerah yang menyelenggarakan pilkada. Jika angkanya kurang dari itu maka dianggap tidak berhasil," kata Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD, Kemendagri, Akmal Malik usai menjadi pembicara dalam kegiatan Pemantapan Desk Pilkada, Pemda KBB, di Lembang, Jumat (11/5/2018) petang. 

      Menurutnya keberhasilan dari sebuah pilkada adalah angka partisipasi pemilih yang tinggi. Pemerintah daerah dalam hal ini setiap SKPD juga punya kewajiban untuk menyosialisasikan karena mereka punya anggaran. Hanya sayangnya penganggaran program sosialisasi ini seringkali mendadak atau diakhir menjelang pelaksanaan pilkada. 

      "Sosialisasi yang efektif itu adalah yang terus menerus dan direncanakan sejak lama. Oleh karena itu sistem penganggaran untuk sosialisasi ini mesti dibuat dari awal," tandasnya. 

      Bukan hanya sosialisasi yang juga menjadi persoalan adalah soal kampanye hitam terutama di media sosial. Jawa Barat dinilai debagai daerah yang memiliki pengguna medsos terbanyak sehingga potensi kampanya hitam sangat tinggi. Serta keberadaan personel Linmas di TPS. Berdasarkan inventarisasi sejumlah daerah masih kekurangan personel Linmas.

      "Kalaupun ada kebanyakan mereka adalah yang berusia lanjut sehingga ketika menjadi petugas di TPS jadi kurang maksimal," punkasnya. (*)

      yan

      0 Komentar
      Tinggalkan Komentar
      Cancel reply
      0 Komentar
      Tidak ada komentar
      Berita Lainnya
      Cawagub dari PDIP Janji Berantas Pungli di Jalanan
      Paslon Hasanah Siap Perhatikan Santri Berprestasi
      Paslon Kado Banjir Dukungan dari Kiai Muda KBB
      KPU Purwakarta Terima 669.835 Surat Suara
      Panwas Pantau Politik Uang saat Puasa dan Lebaran
      Berita Terdahulu

      Editorial

      • Marhaban Ya Ramadan
        Marhaban Ya Ramadan

        DATANGNYA bulan suci Ramadan ini begitu istimewa bagi kaum muslimin. Banyak makna yang terdapat di Bulan Puasa ini.

        Advertisement On Google

        Pilwalkot Bandung 2018