web stats service from statcounter
Industri di Karawang Masih Buang Limbah ke Citarum
net

Industri di Karawang Masih Buang Limbah ke Citarum

JuaraNews, Karawang – Meski penertiban limbah terus digalakan namun masih ada industry yang membuang limbahnya ke Citarum. Seperti terlihat pada sebuah saluran pembuang limbah dari pabrik kertas terbesar di Karawang terlihat mengalir air berawarna putih dan bermuara di Citarum di Dusun Gorowong, Kelurahaan Adiarsa Timur, Kecamatan Karawang Timur.

Diduga air berwarna putih itu merupakan sisa limbah kertas yang tidak diolah sempurna oleh pihak pabrik itu. Akibatnya, air limbah terlihat kontras saat bersatu dengan aliran Citarum di wilayah Kabupaten Karawang tersebut.

Menurut warga setempat, kondisi tersebut sebenarnya sudah berlangsung cukup lama. Namun sebelumnya air limbah pabrik kertas itu tidak terlihat olah masyarakat, karena pihak pabrik menutup saluran pembuang limbahnya dengan beton.

"Sejak beberapa waktu lalu, beton saluran limbah itu ambrol. Akibatnya, air limbah bisa terlihat oleh warga yang melintasi jalan di pinggiran Citarum," kata salah seorang warga.

Aktivis lingkungan asal Karawang, Nece Permana, menyesalkan di Karawang masih ada kalangan industri yang diduga menyepelekan program Citarum Harum. Padahal gagasan program itu langsung baerasal dari presiden.

"Jika pabrik itu masih membuang limbah tanpa diolah ke Ciatarum, sama saja pabrik itu tidak menggubris program Citarum Harum," tegasnya. (*)

yan

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Antisipasi Penyebaran Virus Covid-19, Arab Saudi Hentikan Sementara Visa Umrah
Sosialisasi Harmonisasi Raperda, Wagub Uu: Perda Jangan Saling Berbenturan
Jabar Kena Banjir, Irfan Suryanagara: Gubernurnya di Australia, tak Ada Bantuan Pemerintah
PKS Minta Gubernur Segera Pulang ke Tanah Air
Pemprov Jabar akan Bentuk SOP Tanggap Darurat Banjir

Editorial