web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


  • Menikah dan Perjuangan
    Menikah dan Perjuangan

    SUAMI dan istri yang sudah menikah, semakin lama komunikasi yang terjadi kurang harmonis.

    Cuaca Ekstrem Ancam Peternak KJA Waduk Darma
    net

    Cuaca Ekstrem Ancam Peternak KJA Waduk Darma

    JuaraNews, Kuningan - Petani ikan kolam jaring apung di perairan Waduk Darma, Kuningan, memperkirakan harga ikan akan naik. Hal ini disebabkan dalam beberapa hari ke depan akan memasuki bulan puasa ramadan.

    Namun mereka juga mengkhawatirkan kondisi cuaca ekstrem yang terjadi dalam dua pekan terakhir sehingga mengancam kehidupan ikan dalam KJA.

     “Perubahan cuaca drastis seperti itu, dalam dua minggu terakhir telah berulangkali terjadi. Dan, pada kejadian perubahan cuaca ekstrem seperti itu seminggu lalu, telah mengakibatkan ikan-ikan dalam sejumlah KJA di sini mengalami kematian massal,” kata salah satu peternak ikan Opik.

    Menurutnya, hal seperti itu lah yang membuat peternak akhir-akhir ini merasa was was. Berdasarkan pengalaman setiap tahun perubahan cuaca ekstrem mengakibatkan kematian massal ikan dalam KJA di Waduk Darma, biasanya terjadi pada buan-bulan antara Mei sampai dengan Juni.

    Opik dan sejumlah petani ikan KJA di waduk buatan itu, seperti di antaranya Edi (51) dan juga Ketua Kelompok Pengawas Perairan Umum Daratan Kabupaten Kuningan Umar Hidayat, menyebutkan harga jual borongan ikan mas dari KJA di Waduk Darma, kini mulai merangkak naik.

    Dari kisaran Rp 18.000 per kilo gram pada pekan-pekan akhir April, kini sudah mencapai Rp 21.000 hingga Rp 22.000/kg. Harga saat ini, menurut mereka masih jauh lebih rendah dibanding harga pada bulan Februari sampai Maret 2018 yang sempat bertengger pada kisaran harga Rp 26.000 hingga Rp 27.000/Kg. “Baru sejak sekitar dua minggu lalu, harganya kembali membaik berangsur mengalami kenaikan,” sebutnya. (*)

    yan

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Rumah Kerja Jokowi-Amin Gelar Nobar Debat Capres
    FPLH Tolak Perluasan TPA Sarimukti
    Firman Manan: Kepala Daerah Memiliki Hak Politik
    Wagub Uu Apresiasi Siswa Gelar Festival Keagamaan
    KPU Jabar : Gudang Logistik Pemilu Harus Taat SOP

    Editorial


    • Gong Xi Fa Chai
      Gong Xi Fa Chai

      SELASA (15/2/209) ini merupakan hari istimewa bagi orang-orang Tionghoa atau keturunan China di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.