web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    DPR RI Minta Industri Kreatif Lebih Inovatif
    net

    DPR RI Minta Industri Kreatif Lebih Inovatif

    JuaraNews, Bandung Barat – Komisi X DPR RI meminta industri kreatif di Indonesia untuk lebih inovatif. Sebab dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan semakin berkembangnya teknologi informasi maka persaingan pemasaran produk menjadi lebih kompetitif.

    Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Hanura Dadang Rusdiana mengatakan, ekonomi kreatif terdiri dari produk kuliner, fesyen, dan perfilman. Indonesia memiliki potensi besar terhadap pengembangan tiga sektor tersebut. Bahkan khusus kerajinan, sudah banyak produk-produk Indonesia yang jadi incaran pasat luar negeri. 

    "Kita ini punya potensi besar untuk komoditas ekonomi kreatif. Hanya memang harus diakui masih kalah saja dalam hal packaging atau pengemasan," tuturnya seusai menjadi pembicara dalam Be Kraf 'Strategi Pemasaran Produk Kreatif ke Luar Negeri' di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin (8/5/2018).

    Secara nasional, lanjut dia, kontribusi besar bagi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) itu sekitar 7-8% berasal dari ekonomi kreatif. Targetnya di tahun depan bisa menembus 10-12%. Sedangkan yang menjadi fokus perhatian industri kreatif tahun ini adalah sektor musik, film, dan aplikasi game yang baru berkontribusi sekitar 1-2%. 

    Ketua Forum Komunitas Ekonomi Kreatif KBB Aceng Kodir menilai, saat ini persaingan industri kreatif sudah bukan lagi antardaerah, atau wilayah tapi lingkupnya sudah antarnegara. Konsekuensinya, setiap pelaku usaha  harus punya daya saing dengan produk luar serta inovasi tinggi.

    "Kami membawahi enam sektor industri kreatif yakni kuliner, kriya,  fesyen, seni, film dan fotografi, serta musik. Para pelakunya dituntut mengubah minset dan inovasi yang out of the box agar jadi pembeda dengan produk lain," kata dia. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Harga Telur Meroket, DPRD Jabar Curiga karena Ini
    Ini Penyebab Melonjaknya Harga Daging & Telur Ayam
    Tekan Inflasi, TPID Jabar Gelar Pasar Murah
    KAI Raih Penghargaan Contact Center World 2018
    Ridwan Kamil Dorong Digitalisasi Koperasi
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Memilih
      Selamat Memilih

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 resmi dihelat Rabu, 27 Juni 2018 ini.