web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    Dishub Dorong Warga Beralih ke Parkir non-Tunai
    Istimewa Mesin parkir di Jalan Braga.

    Dishub Dorong Warga Beralih ke Parkir non-Tunai

    JuaraNews, Bandung - Untuk memaksimalkan penggunaan mesin parkir, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung mengedukasi para pengguna parkir di sepanjang Jalan Braga, Jumat (4/5/2018). Hasilnya, hingga terjadi 1.350 transaksi di 12 mesin parkir di sepanjang Jalan Braga.

    "Hari pertama ini cukup lancar. Padahal biasanya hanya ada sekitar 700 transaksi saja dalam satu hari. Pemasukan lewat mesin parkir meningkat 100% dari biasanya," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perparkiran Dishub Kota Bandung, Nasrul Hasani.

    Nasrul mengungkapkan, kendala yang dihadapi adalah belum berubahnya pola pikir masyarakat agar segera beralih ke nontunai. Untuk itu, edukasi secara berkelanjutan akan terus dilakukan. "Padahal mesin parkir bisa mengoptimalkan pemasukan ke pemerintah," ungkap Nasrul.

    Kendala lainnya, ungkap Nasrul, para pengguna parkir belum memiliki uang elektronik (e-money). Sedangkan e-money sudah bisa diperoleh di bank- bank penyedia layanan uang elektronik dan minimarket terdekat.

    "Biasanya kita minta mereka ke bank. Tetapi dalam rangka sosialisasi ini, kami gandeng pula bank-bank untuk membuka gerai dan menjual kartu uang elektronik," jelas Nasrul.

    Ada empat bank yang membuka akan gerai di jalan Braga selama sosialisasi ini berlangsung, yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BJB. Keempat bank inilah yang telah bekerjasama dalam program mesin parkir ini. "Jadi kalau ada yang belum punya kartu, bisa langsung beli di counter. Dan mereka mau kok membeli," ucapnya.

    Edukasi ini akan dilaksanakan selama satu pekan di Jalan Braga. Selanjutnya, Dishub Kota Bandung akan mengevaluasi untuk ditindaklanjuti di titik-titik lainnya. Kawasan Braga dipilih sebagai sasaran edukasi pertama karena adanya kesenjangan yang signifikan antara potensi pendapatan dan kondisi riil.

    "Braga ini potensinya sangat besar, tapi ternyata masih banyak yang membayar tunai. Makanya saya jadikan sasaran pertama," terangnya.(*)

    fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Deni Juanedi Ikhlas Disanksi oleh Bandung Zoo
    Pemkot Bandung Kerja Sama dengan Sejumlah Lembaga
    Bagaimana Bisa Sampah Plastik Diubah Jadi BBM?
    Komunitas Get Plastik Ubah Plastik Jadi BBM
    Pelempar Rokok ke Orangutan Dijatuhi Sanksi Sosial
    Berita Terdahulu

    Info Kota

    Pilwalkot Bandung 2018

    Editorial

    • Marhaban Ya Ramadan
      Marhaban Ya Ramadan

      DATANGNYA bulan suci Ramadan ini begitu istimewa bagi kaum muslimin. Banyak makna yang terdapat di Bulan Puasa ini.