web stats service from statcounter

Gedung Sate


  • Humas Jabar Luncurkan Program Japri
    Humas Jabar Luncurkan Program Japri

    HUMAS Jabar meluncurkan program dialog publik bertajuk Jabar Punya Informasi (Japri) di Area Taman Barat Gedung Sate, Kamis (27/09/2018).

    Hot News


    • DPTb Kabupaten Bogor Terbesar di Jawa Barat
      DPTb Kabupaten Bogor Terbesar di Jawa Barat
      • 18 Februari 2019 | 21:08:00 WIB

      KPU Jawa Barat melakukan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Pemilu 2019, di Hotel Sheraton, Jalan Ir.djuanda Kota Bandung, Senin (18/2/2019)..

    Inspirasi


    • Menikah dan Perjuangan
      Menikah dan Perjuangan

      SUAMI dan istri yang sudah menikah, semakin lama komunikasi yang terjadi kurang harmonis.

      Rumah Penduduk Disiapkan Jadi Penginapan Wisatawan

      DEDDY MIZWAR

      Rumah Penduduk Disiapkan Jadi Penginapan Wisatawan

      JuaraNews, Ciamis - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 4, Deddy Mizwar siap membangun dunia pariwisata Jawa Barat berbasis budaya. Program ini diyakini bisa menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat.

      Namun menurutnya, infrastruktur terutama akses jalan harus menjadi prioritas utama guna mempermudah akses pengunjung ke obyek wisata yang diituju. Setelah itu konsep pemberdayaan masyarakat, di mana setiap potensi yang ada, baik SDM maupun sumber daya alamnya diberdayakan untuk menunjang kepariwisataan yang dibangun.

      "Kalau orang ke mari gak bisa nginap karena tidak ada penginapan. Jadinya mereka datang dan pergi. Pengembangannya nanti bisa dengan konsep home stay. Jadi rumah-rumah penduduk bisa jadi penginapan. Jadi menginapnya bukan hotel," papar Demiz, dalam agenda kampanyenya di Kabupaten Ciamis, Kamis (3/5/2018).
      Demiz menjelaskan, pengembangan homestay dapat dipastikan lebih bagus karena selaras dengan program wisata berbasis budaya. Namun. Yang lebih penting, harus ditunjang dengan dukungan mindset atau pola pikir kepariwwisataan pada masyarakatnya.

      "Rumah warga sendiri yang diguakan. Renovasi rumah yang ada jadi layak, airnya harus bersih. Siapa juga yang mau kalau rumahnya kumuh, airnya kotor. Mindset masyrakat juga harus dibuah menjadi masyarakat kepariwisataan," papar Demiz yang berpasangan dengan Dedi Mulyadi ini.

      Guna memudahkan diterpkannya prrogram tersebut, menurutnya pemberdayaan masyarakat harus dibantu dari sisi pemahaman termasuk permodalannya. Akan lebih baik jika pengelolaan bantuan untuk pemberdayaan masyarakat ini diakomodasi oleh lembaga koperasi.

      "Permodalan bagusnya dikkelola oleh koperasi karena koperasi bisa nembus ke lembaga-lembaga keuangan untuk memperoleh modal. Kalau sendiri-sendiri nanti ribet," kata Cagub yang sering disebut Naga Bonar ini.
      Selanjutnya, koperasi juga akan lebih terarah dalam menyelenggarakan pelatihan dan keterampilan masyarakat dalam mengembangkan produk-produk wisata khas daerah setempat. Ia menyatakan siap mendorong pembangunan industri kreatif masyarakat mulai dari makanan, fashion, kerajinan, dan lainnya yang bisa dibangun dengan pelatihan-pelatihan.

      "Kalau di Tasik itu bagaimana anyaman bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. Di sini. Apa potensinya, apakah penganan atau kulinernya yang khusus yang cuma ada di sini? Seperti mata lembu di Rancabuaya (Kab. Garut). Maka harus ada penggeraknya, karena pariwistaa ini paling banyak multiflier efeknya untuk peningkatan ekonomi masyaraka," papar Demiz. (*)

      ude

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Ini Pemenang Pilkada Serentak 2018 di Jabar
      KPU Jabar Optismistis Tak Ada Gugatan ke MK
      Partisipasi Pemilih Meriah, KPU KBB Semringah
      Hengky Banjir Ucapan Selamat di Antaranya dari SBY
      Cabup KBB Nomor Urut Satu Elin, Tunggu Hasil KPU


      Editorial


      • Gong Xi Fa Chai
        Gong Xi Fa Chai

        SELASA (15/2/209) ini merupakan hari istimewa bagi orang-orang Tionghoa atau keturunan China di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.