web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Kejari Sita Uang Rp5,25 M dalam Kasus Korupsi PNC
    istimewa/dokumen kejari cimahi

    Kejari Sita Uang Rp5,25 M dalam Kasus Korupsi PNC

    JuaraNews, Bandung - Kejaksaan Negeri (Kejari) Cimahi menyita uang senilai Rp5,25 miliar, dari seorang saksi kasus dugaan penyimpangan APBD Cimahi 2006-2007 terkait penyertaan Modal Daerah Kota Cimahi pada Perusahaan Daerah Jati Mandiri (PDJM).

    Uang tersebut dialokasikan untuk pengadaan lahan pembangunan Pusat Niaga Cibeureum (PNC) Kota Cimahi dan pembangunan subterminal angkutan kota.

    Kepala Kejari Cimahi Harjo, secara simbolis telah menerima uang yang diserahkan saksi berinisial DB yang mendatangi langsung Kantor Kejari Cimahi pada 23 April 2018 lalu.

    "Kami telah melakukan penyitaan terhadap uang senilai Rp5,25 miliar. Uang tersebut berkaitan dengan kasus dugaan penyimpangan APBD Cimahi 2006-2007 terkait penyertaan modal ke PDJM," ujar Harjo di kantor Kejari Cimahi, Jalan Sangkuriang Kota Cimahi, Selasa (1/5/2018).

    Penyerahan uang dilakukan DB ke kantor Kejari Cimahi, dikawal petugas Kepolisian, dan setelah dilakukan penghitungan ulang, uang tersebut dititipkan di BRI atas nama perkara. "Kami titipkan uang di bank agar mudah dihadirkan saat di persidangan nanti," katanya.

    DB merupakan pengusaha yang berstatus rekan kerja dengan tersangka II, selaku Komisaris dan Direktur PT Lingga Buana Wisesa (LBW) atau pemilik lahan sekaligus rekanan PDJM pada kerja sama pembangunan PNC.

    "Uang diserahkan terkait perkara kasus IT. Saksi DB merupakan pengusaha yang diminta kerja sama kepemilikan tanah, sedangkan uang itu dia dapat dari tersangka II. Terkait bagaimana kerjasamanya belum bisa kami ungkap," ungkap Harjo.

    Dalam kasus tersebut Kejari Cimahi menetapkan 3 tersangka, yaitu mantan Wali Kota Cimahi IT, mantan Ketua DPRD Kota Cimahi periode 2004-2009 RDS, dan II selaku pemilik lahan. Sedangkan total perkiraan kerugian negara kasus dugaan penyimpangan APBD 2006-2007 ditaksir mencapai Rp42 miliar. Kasus penyertaan modal dari Pemkot sebesar Rp87 miliar yang dilakukan secara bertahap.

    "Penyidikan masih berlangsung dan dimungkinkan berkembang. Tidak menutup kemungkinan bisa ada penambahan tersangka atau seperti apa kedepannya, nanti dilihat saja perkembangannya," jelasnya.

    Harjo pun mengapresiasi penyerahan uang tersebut oleh saksi DB meski muncul kesan lambat dibanding penyelidikan kasus yang terlah berjalan sejak Juni 2016.

    "DB termasuk kooperatif membiarkan uang sebesar itu untuk disita. Kalau bicara waktu, mungkin karena dia punya kesibukan lain. DB akhirnya datang menyerahkan uang dan kami apresiasi, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali," papar Harjo didampingi Kasi Intel Kejari Cimahi Rama Eka Darma dan Kasi Pidana Khusus Kejari Cimahi Romadu Novelino.

    Terkait pemkembangan kasus tersebut, pihaknya terus berkoordinasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jabar terkait audit data keuangan dan bukti yang didapat. Hal itu untuk menghitung nilai kerugian negara akibat penyimpangan anggaran daerah.

    "Kami masih menunggu hasil audit keuangan oleh BPKP. Mudah-mudahan tidak lama lagi bisa muncul nilai kerugian negara dalam kasus tersebut," paparnya.

    Harjo menambahkan, kasus tersebut semula akan diambil alih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun akhirnya tetap ditangani Kejari Cimahi dengan tetap melakukan koordinasi dengan KPK. Harjo menargetkan penuntutan kasus tersebut bisa dilakukan secepatnya pada tahun ini.

    "Kami tidak main-main untuk menangani perkara ini. Kami akan buka secara gamblang saat masuk tahap penuntutan. Target secepatnya dilakukan karena kasus ini juga atensi pimpinan," pungkasnya. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Petugas Buat Sketsa Wajah Bocah Korban Pembunuhan
    Pembangunan PAB Kota Cimahi Segera Dilanjutkan
    288 ASN di Pemkot Cimahi Diganjar Penghargaan
    Lulusan SD dan yang Diterima di SMPN Tak Sebanding
    Satgas kembali Temukan Limbah Dibuang ke Sungai
    Berita Terdahulu

    Info Kota

    Editorial

    • DAFTAR CALON TETAP

    • image006.png
    • image007.png
    • image010.png
    • image012.png
    • image098.png
    • image100.png
    • image102.png
    • image104.png
    • image162.png
    • image164.png
    • image166.png
    • image168.png
    • image239.png
    • image241.png
    • image245.png
    • image243.png