web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Ini Tuntutan Buruh pada May Day 2018
    tribunjabar.com Kaum buruh saat berunjuk rasa di depan Gedung Sate

    Ini Tuntutan Buruh pada May Day 2018

    JuaraNews, Bandung - Ribuan buruh dari berbagai organisasi di sejumlah wilaya Jabar menggelar aksi unjuk rasa memeringati Hari Buruh Sedunia atau May Day 2018 di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Selasa (1/5/2018).

    Salah satu tuntutan yang disampaikan kaum buruh kepada pada pemerintah, khusunya Gubernur Jabar yakni soal Peraturan Gubernur (Pergub) Jabar soal Upah Minimun Sektoral Kerja (UMSK) yang belum disahkan sejak ditetapkan pada 2015 silam.

    Ketua DPD Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Jabar M Sidarta mengatakan, kaum buruh menuntut Gubernur Jabar Ahmad Heryawan segera menerbitkan peraturan tentang penetapan upah minimum sektor tersebut. Karena menurutnya, selama ini belum ada aturan yang jelas penetapan upah minimum sektor ini.

    "Sejak pertama kalinya ditetapkan, selalu jadi polemik. Tidak ada standar dan pedoman dalam penetapannya," kata Sidarta dalam orasinya saat berunjuk rasa.

    Selain itu, buruh juga menuntut pemerintah mencabut pengupahan murah yang menyengsarakan buruh. Pasalnya, meski telah dieksploitasi tenaganya, pekerja hanya diberi upah seadanya dan tidak mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

    "Kami juga meminta pemerintah mencabut peraturan yang mempermudah tenaga kerja asing. Ini hanya akan memberi kemudahan bagi pekerja asing, sementara kami dikesampingkan," tandas Sidarta.

    Dalam orasi lainnya, kalangan burh dari Gabungan Organisasi Buruh se-Indonesia (Gobsi) dan FSP LEM SPSI Karawang, menyampaikan tuntutannya. Ada 3 tuntutan massa buruh saat perayaan May Day 2018. Yakni menolak Perpres No 20/2018 tentang tenaga kerja asing (TKA), lalu revisi UU No 13/2003 tentang Ketenagakerjaa, dan PP No 78/2015 tentang Pengupahan. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Wagub Buka Pospeda 2018 tingkat Jabar
    Anggota The Jak Tewas, Viking Minta Maaf
    8 Bobotoh jadi Tersangka, Kemungkinan Bertambah
    Pengurus Persib Sampaikan Duka Cita
    Hegun Ajak Mahasiswa Lawan Radikalisme
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Info Kota