web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Tahun Ini, UPI Buka 7 Program Studi Baru
    net Kampus UPI Cibiru

    Tahun Ini, UPI Buka 7 Program Studi Baru

    JuaraNews, Bandung - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) membuka 7 program studi (Prodi) baru melalui jalur penerimaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur Seleksi Mandiri (SM) UPI mulai tahun akademik 2018/2019 ini.

    Sebanyak 2 Prodi baru dibuka di Kampus utama Bandung di Jalan Setiabudhi Kota Bandung. Yakni Prodi Desain Komunikasi Visual di Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FPSD) dan Prodi Sains Informasi Geografis di Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) yang bisa diikuti melalui jalur SBMPTN.

    Sedangkan untuk kampus di luar daerah, ada 5 Prodi baru. Yakni Prodi Pendidikan Multimedia di UPI Kampus Cibiru; Prodi Pendidikan Kelautan dan Perikanan UPI Kampus Serang, Prodi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi UPI Kampus Purwakarta; dan Prodi Kewirasuhaan di UPI Kampus Tasikmalaya. Penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN untuk ketiga prodi ini berjumlah 140 orang. Satu lagi, yakni Prodi D3 Keperawatan di UPI Kampus Sumedang dengan jalur SM UPI.

    “Tahun ini juga, UPI menambah program studi baru jenjang Diploma (D3) yaitu Prodi Keperawatan di UPI Kampus Sumedang. Bagi calon mahasiswa yang berminat pada prodi tersebut bisa mendaftar pada jalur seleksi SBMPTN dan SM UPI,” kata Rektor UPI ASep Kadarohman, Senin (30/4/2018).

    Asep menjelaskan, untuk Prodi PKP telah mendapatkan akareditasi minimal dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 28 Maret 2018, dan diperkuat dengan Peraturan Rektor UPI No 2931/UN40/HK/2018 tentang Pembukaan Program Studi Kelautan dan Perikanan pada 2 April 2018. Total daya tampung sebanyak 40 mahasiswa dari masing-masing kuota 24 mahasiswa untuk SBMPTN dan 12 mahasiswa dari SM UPI.

    Sementara itu, secara total pada tahun akademik 2018/2019 UPI akan menerima 7.829 mahasiswa baru melalui 3 jalur seleksi, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), SBMPTN, dan Seleksi Mandiri (SM) UPI. Dengan masing-masing jalur sebanyak 30 persen dari total mahasiswa baru yang diterima.

    Penjaringan melalui jalur SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 sampai dengan semester 5 bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 tahun. Atau semester 1 sampai dengan semester 7, bagi SMK dengan masa belajar 4 tahun, serta portofolio akademik.

    Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.

    Asep menjelaskan, proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi dilaksanakan pada Selasa (8/5/2018) bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2018.

    Sementara untuk jalur SBMPTN sendiri, mengikuti regulasi yang ditetapkan panitia pusat SBMPTN. Yaitu melalui Ujian Tertulis (PBT atau CBT) dan Ujian Keterampilan untuk Produ bidang seni dan olahraga.

    “Dalam jalur SNMPTN dan SBMPTN, UPI menerima calon mahasiswa baru melalui program beasiswa Bidikmisi. Dimana program ini bertujuan untuk menjaring siswa yang memiliki prestasi akademik yang bagus namun secara ekonomi kurang mampu,” jelas Asep.

    Untuk ujian tulis UTBC dan UTBK dilaksanakan pada Selasa (8/5/2018) dan ujian keterampilan pada Rabu (92018), dan/atau Jumat (10/5/2018), dan/atau Sabtu (11/5/2018). Sedangkan hasil ujian akan diumumkan pada 13 Juni 2017 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id. Sementara untuk jalur SM UPI diakses di https://pmb.upi.edu. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    PPBN Pramuka Bentuk Generasi Muda Patriotik
    Proyek Bendungan Leuwikeris Paket 1 Sudah 30%
    Pemprov Cairkan Bonus untuk Atlet Paralimpik
    Pindah Ke Nasdem, Darus Mundur dari DPR RI
    Pemprov Upayakan Perpanjangan Runway Wiriadinata
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Memilih
      Selamat Memilih

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 resmi dihelat Rabu, 27 Juni 2018 ini.

      Advertisement On Google