web stats service from statcounter

Hot News

  • Rockets Samakan Kedudukan Jadi 2-2
    Rockets Samakan Kedudukan Jadi 2-2
    • 23 Mei 2018 | 17:51:00 WIB

    ROCKETS sukses mencuri kemenangan di markas Golden State Warriors pada gim keempat final wilayah barat NBA.

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    Pelestarian Budaya dan Situs Perlu Dukungan PP
    net

    Pelestarian Budaya dan Situs Perlu Dukungan PP

    JuaraNews, Bandung Barat – UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan belum ditindaklanjuti dengan penerbitan Peraturan Pemerintah. Padahal, UU yang disahkan setelah menunggu 35 tahun itu penting untuk pelestarian maupun pemanfaatan budaya kita.

    Anggota Komisi X DPR RI Dadang Rusdiana mengatakan, pemerintah perlu segera menerbitkan PP agar UU Pemajuan Kebudayaan bisa dijalankan. Sebagai negara besar yang dahulu bernama Nusantara, kata dia, Indonesia harus dapat melestarikan dan menggali sejarah budaya bangsa yang beraneka ragam.

    "Pemerintah harus cepat merespons, karena itu inisiatif dari DPR. DPR melihat ada sesuatu yang penting dalam sejarah budaya, maka itu harus diikuti dengan PP. Itu membuktikan bahwa pemerintah punya keseriusan untuk menangani situs sejarah dan budaya," kata Dadang. 

    Dia mengucapkan, UU Pemajuan Kebudayaan di antaranya mengatur dua substansi penting terkait kebudayaan. "Pertama bagaimana kita melestarikan nilai-nilai sejarah, budaya, dan sebagainya. Yang kedua adalah bagaimana kita mengonversi peninggalan-peninggalan sejarah ini menjadi sesuatu yang produktif," katanya.

    Dadang menjelaskan, peninggalan tentang seni atau situs, misalnya, kalau dikelola menjadi sesuatu yang produktif maka dapat menjadi destinasi wisata. Dia mencontohkan, seni yang diolah menjadi seni pertunjukan yang menarik bukan hanya bisa mendorong kehadiran wisatawan lokal, melainkan pula wisatawan mancanegara. 

    "Jadi dilestarikan, kemudian dikembangkan, dan dikonversikan menjadi sesuatu yang produktif bagi kesejahteraan masyarakat. Saya kira, oang-orang datang ke Yunani, misalkan, mereka ingin menikmati bagaimana warisan masa lalu, karena di situ peradaban berkembang lebih dulu dan ada peninggalan-peninggalannya," tuturnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
     Pemda KBB Siapkan Operasi Pasar Beras Murah
    Permintaan Naik, Pasokan Daging Ayam Ditambah 150%
    234 Kepala Sekolah di KBB Dirotasi dan Mutasi
    Sebagian Warga KBB Sudah Puasa Lebih Dulu
    IJTI Sangkuriang Cimahi-KBB Kecam Aksi Terorisme
    Berita Terdahulu

    Info Kota

    Pilwalkot Bandung 2018

    Editorial

    • Marhaban Ya Ramadan
      Marhaban Ya Ramadan

      DATANGNYA bulan suci Ramadan ini begitu istimewa bagi kaum muslimin. Banyak makna yang terdapat di Bulan Puasa ini.