web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Pelestarian Budaya dan Situs Perlu Dukungan PP
    net

    Pelestarian Budaya dan Situs Perlu Dukungan PP

    JuaraNews, Bandung Barat – UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan belum ditindaklanjuti dengan penerbitan Peraturan Pemerintah. Padahal, UU yang disahkan setelah menunggu 35 tahun itu penting untuk pelestarian maupun pemanfaatan budaya kita.

    Anggota Komisi X DPR RI Dadang Rusdiana mengatakan, pemerintah perlu segera menerbitkan PP agar UU Pemajuan Kebudayaan bisa dijalankan. Sebagai negara besar yang dahulu bernama Nusantara, kata dia, Indonesia harus dapat melestarikan dan menggali sejarah budaya bangsa yang beraneka ragam.

    "Pemerintah harus cepat merespons, karena itu inisiatif dari DPR. DPR melihat ada sesuatu yang penting dalam sejarah budaya, maka itu harus diikuti dengan PP. Itu membuktikan bahwa pemerintah punya keseriusan untuk menangani situs sejarah dan budaya," kata Dadang. 

    Dia mengucapkan, UU Pemajuan Kebudayaan di antaranya mengatur dua substansi penting terkait kebudayaan. "Pertama bagaimana kita melestarikan nilai-nilai sejarah, budaya, dan sebagainya. Yang kedua adalah bagaimana kita mengonversi peninggalan-peninggalan sejarah ini menjadi sesuatu yang produktif," katanya.

    Dadang menjelaskan, peninggalan tentang seni atau situs, misalnya, kalau dikelola menjadi sesuatu yang produktif maka dapat menjadi destinasi wisata. Dia mencontohkan, seni yang diolah menjadi seni pertunjukan yang menarik bukan hanya bisa mendorong kehadiran wisatawan lokal, melainkan pula wisatawan mancanegara. 

    "Jadi dilestarikan, kemudian dikembangkan, dan dikonversikan menjadi sesuatu yang produktif bagi kesejahteraan masyarakat. Saya kira, oang-orang datang ke Yunani, misalkan, mereka ingin menikmati bagaimana warisan masa lalu, karena di situ peradaban berkembang lebih dulu dan ada peninggalan-peninggalannya," tuturnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tak sesuai Standar, Kemenhub Tutup Unit Uji KIR
    Pimpin KBB, Akur Siap Jawab Keraguan Masyarakat
    Apdesi KBB Minta Plt Bupati Tidak Lakukan Mutasi
    Terlalu Banyak, Dana Bantuan ke LSM Tak Merata
    Hotel di Lembang Sepi karena Pengaruh Macet
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018