web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Waspada Jelang Puasa Gepeng di Cimahi Naik Drastis
    net

    Waspada Jelang Puasa Gepeng di Cimahi Naik Drastis

    JuaraNews, Cimahi – Menjelang puasa dan lebaran jumlah gelandangan dan pengemis (gepeng), serta anak jalanan (anjal) di Cimahi diprediksi akan mengalami lonjakan.  Untuk itu, pemantauan akan terus ditingkatkan oleh sejumlah pihak terkait.

    Kepala Bidang (Kabid) Sosial Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3A) Kota Cimahi, Agustus Fajar mengatakan, gepeng musiman kerap menyambangi Kota Cimahi saat puasa dan mendekati lebaran.

    Tiap tahun pemandangan seperti itu seolah lumrah terjadi. Sehingga jumlah gepeng dan anjal selalu meningkat pada momen puasa dan menjelang lebaran dibandingkan hari biasa.

    Sebagai antisipasi pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Satpol PP terkait hal itu. Selanjutnya akan dilakukan pemantauan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC), Pekerja Sosial (Peksos), Taruna Siaga Bencana (Tagana), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), dan Pekerja Sosial Masyarakat ( PSM).

    "Saat puasa jumlah gepeng dan anak jalanan musiman meningkat. Mereka bukan hanya berasal dari Cimahi, ada juga dari daerah lain seperti Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Cianjur," ujarnya.

    Menurutnya, aaat ini jumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Kota Cimahi  mencapai  18.752 orang. Jumlah tersebut diprediksi akan kembali meningkat menjelang datangnya bulan Ramadan dan Idulfitri.

    Untuk itu pihaknya terus melakukan upaya dalam meminimalisir keberadaan gepeng dan anjal ini. Salah satunya dengan melakukan pembinaan terhadap mereka, seperti bimbingan teknik. Mereka diberikan bimbingan sosial dan keterampilan, agar bisa mandiri dan punya alternatif usaha. Mereka juga diingatkan tentang norma dan aturan.

    "Mereka diberi keterampilan, seperti membuat kue, dan memasak. Selain itu diberi materi tentang hak anak, perlindungan anak, dan lain-lain," pungkasnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Petugas Buat Sketsa Wajah Bocah Korban Pembunuhan
    Pembangunan PAB Kota Cimahi Segera Dilanjutkan
    288 ASN di Pemkot Cimahi Diganjar Penghargaan
    Lulusan SD dan yang Diterima di SMPN Tak Sebanding
    Satgas kembali Temukan Limbah Dibuang ke Sungai
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Memilih
      Selamat Memilih

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 resmi dihelat Rabu, 27 Juni 2018 ini.

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018