web stats service from statcounter

Jadwal

    Daftar Pemain

    • DAFTAR PEMAIN PERSIB MUSIM 2018
      DAFTAR PEMAIN PERSIB MUSIM 2018

      DALAM mengikuti kompetisi Liga 1 Indonesia 2017, tim Persib Bandung berkekuatan 27 pemain. Berikuti ini daftar lengkapnya.

      Editorial

        Hot News

        Herrie 'Jose' Setyawan tak Lagi di Persib
        net Herrie saat konferensi pers jelang laga

        Herrie 'Jose' Setyawan tak Lagi di Persib

        JuaraNews, Bandung - Setelah mengabdi sejak musim musim 2013 silam, Asisten Pelatih Herrie Setyawan akhirnya meninggalkan tim Persib Bandung, akhir pekan ini.

        Tersiar kabar bahwa Jose -sapaan akrab Herrie Setyawan- dipecat dari jajaran pelatih Persib. Kabar pemecatan terhadap semakin kencang karena dalam beberapa terakhir ini Jose sudah tidak nampak mendampingi Pelatih Kepala Roberto Carlos Mario Gomez di sesi latihan. Begitu pula pada sesi latihan yang digelar di Stadion Arcamanik Bandung, Sabtu (28/4/2018).

        Jose sendiri enggan mengomentari soal kabar 'pemecatan' dirinya tersebut. Dia lebih menyerahkan sepenuhnya penjelasan soal keberadaan dirinya di tim pelatih kepada manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB). “Silakan tanya saja ke manajemen,” ujar Herrie singkat, Sabtu (28/4/2018).

        Sejak kedatangan Coach Gomes dan asistennya, Fernando Gaston Soler, peran Jose memang agak terpinggirkan. Peran Jose, baik di dalam maupun di luar lapangan lebih banyak diambil alih Soler yang notabene berstatus interpreter atau penerjemah. Dalam sesi konferensi pers menjelang atau seusai laga pun, Jose tergolong jarang tampil di hadapan media. Terakhir Jose tampil di hadapan media saat konferensi pers jelang laga Maung Bandung kontra Borneo FC pada Pekan 5 lalu.

        Antisipasi Kenaikan Harga BBM...!

        Jose bersama Gomez dan Soler

        Sebelumnya Soler sempat mempertanyakannya status sebagai penerjemah dari Coach Gomez. Karena kedatangan Soler ke skuat Maung Bandung sejak awal dimaksudkan sebagai asisten pelatih. Namun karena slot asisten pelatih yang ditetapkan operator, PT Liga Indonesia Baru (LIB) hanya satu orang, manajemen Persib memasukkan nama Herrie Setyawan. Sedangkan untuk mengakomodir Soler, manajemen mencantumkannya sebagai penerjemah, kendati dalam kesehariannya pria asal Argentina tersebut berperan sebagai asisten pelatih.

        Direktur PT PBB Teddy Tjahjono membantah pihaknya telah memecat atau mengistirahatkan Jose. Teddy menjelaskan, Jose yang juga Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Bandung, lebih memilih tetap menjadi PNS Pemkot Bandung.

        “Ya memang Herrie sudah enggak sama tim. Alasannya sih bukan karena diistirahatkan atau dipecat, bukan. Jadi Herrie itu kan pegawai Dispenda, beberapa waktu yang lalu dia diharuskan untuk memilih tetap di Dispenda atau jadi pelatih. Diminta oleh Dispenda bukan sama manajemen. Makanya dia milih konsentrasi jadi PNS aja karena memang di PNS kariernya lebih panjanglah,” jelas Teddy saat dihubungi wartawan, Sabtu (28/4/2018).

        Teddy memahami pilihan Jose yang lebih memilih tetap menjadi PNS yang digelutinya sejak belasan tahun lalu. Karena dikatakannya di Persib statusnya kontrak. Sehingga jika ada pergantian pelatih atau sesuatu terjadi, tidak pernah tahu apakah dirinya akan dipertahankan atau tidak.

        “Ini kita kan harus memilih karena apapun untuk di bidang yang mana. Cuma Herrie berpikir jadi PNS karirnya panjang dan lebih bagus. Itu, dasar pemikirannya seperti itu,” tandas Teddy.

        “Jadi dia mundur dan konsentrasi karena pekerjaannya. Mundurnya sudah sejak beberapa hari yang lalu, Kamis (26/4/2018) kalau enggak salah,” sambungnya.

        Teddy pun menepis alasan hengkangnya Jose karena adanya konflik di dalam tim. Hal itu terkait perannya yang lebih banyak diambil alih Soler. Teddy menegaskan, kondisi tim saat ini aman, baik, dan kondusif. Secara tegas Teddy pun membantah Jose diberhentikan dari jabatan asisten pelatih Persib senior karena akan diplot menjadi pelatih Diklat Persib.

        “Herrie masih terikat kontrak. Ya, kita hormati hak-haknya dia sesuai dengan kontrak,” tegasnya.

        Dengan mundurnya Herrie, Teddy menjelaskan, posisi asisten pelatih akan tetap kosong hingga akhri musim nanti, dan tidak ada yang masuk untuk menggantikan Jose, termasuk kemungkinan Soler yang menggantikannya.

        Untuk menjadi asisten pelatih di Indonesia, Soler sendiri memang terganjal dengan status lisensi kepelatihannya. Karena sesuai regulasi PSSI, pelatih asing harus memiliki lisensi kepelatihan B AFC atau UEFA B, serta mendapat pengakuan dari AFC yang dibuktikan dengan Recongnition of Experience and Current Competence (RECC). Soler sendiri sejak 2010 telah memiliki lisensi kepelatihan A Conmebol dari negaranya, Argentina, namun belum mendapat penyetaraan dari AFC.

        “Enggak, Soler kalau sesuai diregulasi jadi intepreter (penerjemah) sesuai regulasi yah. Cuma sehari-hari dia bantuin Gomez di lapangan. Jadi statusnya akan tetap itu,” tegasnya.

        Di Persib sendiri bukan hanya Jose asisten pelatih yang berprofesi sebagai PNS. Pelatih Kiper Anwar Sanusi juga tercatat sebagai PNS Pemkot Bandung. Jadi tidak menutup kemungkinan hal sama juga akan menimpa Away -sapaan akrab Anwar. Soal hal tersebut, Teddy menegaskan, saat ini Away masih mau konsentrasi sebagai pelatih kiper. Menurutnya, kondisi itu berbeda dengan apa yang dialami Herrie, yang lebih memilih konsentrasi menjadi PNS.

        Duet dengan Djanur, Jose Hasilnya 4 Trofi

        Karier Jose sendiri di Persib cukup panjang. Setelah memperkuat Bandung Raya (1987-1988) dan Pelita Jaya (1988-1995), pria bernama nama lengkap Mochamad Herrie Setyawan mengenakan kostum Persib mulai musim 1996 hingga 2002. Jose pun sempat berkostum timnas pada perioder 1988-1994, dan turut andil meraih medali emas SEA Games 1991 Manila. Selanjutnya pelatih 49 tahun ini berkelana ke sejumlah tim sebelum akhirnya pensiun dari lapangan hijau pada 2008 lalu.

        Hasil gambar untuk herrie setyawan persib juara isl 2014

        Jose (paling kiri) saat meraih trofi juara ISL 2014

        Karier kepelatihan Jose dimulai saat menjadi asisten pelatih Pelita Jaya U-21 mendampingi Pelatih Djadjang Nurdjaman pada musim 2011 hingga 2013. Saat itu, duet Djanur dan Jose mengantarkan Pelita Jaya U-21 meraih gelar juara Liga Indonesia U-21 musim 2013. Ketika Djanur didapuk menjadi pelatih kepala Persib, Jose yang semasa menjadi pemain berposisi sebagai bek kanan ini pun diboyong ke Bandung saat kompetisi memasuki musim 2013.

        Antisipasi Kenaikan Harga BBM...!

        Jose bersama Djadjang Nurdjaman

        Di skuat Persb, Duet Djanur-Jose pun menghasilkan prestasi. Yang paling fenomenal yakni gelar ISL 2014 yang diraih setelah Persib puasa gelar selama 19 tahun. Selain trofi ISL, sejumlah gelar juga diraih, seperti Celebes Cup II, Piala Wali Kota Padang 2015, dan Piala Presiden 2015.

        Antisipasi Kenaikan Harga BBM...!

        Jose saat mendampingi Dejan Antonic

        Di tengah gonjang ganjing posisi pelatih kepala terjadi di kubu Persib, Jose tetap bertahan. Sejumlah pelatih kepala datang dan pergi, Jose tetap komitmen menjadi asisten pelatih, dan dia menjalankan tugasnya sebagai caretaker ketika terjadi kekosongan pelatih kepala. Seperti saat Djanur harus menimba ilmu ke Italia sebelum posisinya digantikan Dejan Antonic di awal 2016.

        Antisipasi Kenaikan Harga BBM...!

        Jose mendampingi Emral Abus di bench

        Demikian pula saat Dejan mundur, Jose kembali jadi caretaker sebelum Djanur kembali jadi pelatih pada pertengahan musim TSC 2016. Lalu saat Djanur mundur pada Putaran 2 Liga 1 2017, Jose lagi-lagi memimpin skuat Maung Bandung sebelum masuk Emral Abus hingga akhir musim.

        Memasuki musim 2018 saat Gomez masuk, Jose tetap setia menjadi asisten pelatih, hingga akhirnya setelah melewati 5 laga, Jose tak lagi bersama Persib. Sebelumnya, Jose menyebutkan akan tetap menjadi asisten pelatih setidaknya hingga akhir musim.

        Antisipasi Kenaikan Harga BBM...!

        Jose berbincang dengan Gomez di sela-sela latihan

        Dia menyatakan ingin banyak belajar dari Gomez sebelum nantinya berencana menjadi pelatih kepala di tim lain. Jose pun sudah mempersiapkannya dengan mengikuti kursus kepelatihan, dan kini sudah mengantongi Lisensi A AFC sebagai syarat menjadi pelatih kepala di Liga 1. (*)

        Oleh: deni mulyana sasmita / den

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Gomez Minta Skuat Persib Main Enjoy di 4 Laga Sisa
        Jaga Peluang, Gomez Bertekad Sapu Bersih Laga Sisa
        Lawan PSIS, Bauman Dipastikan Masih Absen
        Jelang hadapi PSIS, Fisik Pemain Persib Digenjot
        Pulang dari Bali, Skuat Persib Diliburkan 2 Hari
        Berita Terdahulu

        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 PSM Makassar 30 53
        2 Persib Bandung 30 49
        3 Persija Jakarta 29 49

        Advertisement On Google