KBB Lampaui Target Cabang Olahraga Dansa
Medali Emas bersama Dansa

KBB Lampaui Target Cabang Olahraga Dansa

  • Minggu, 23 November 2014 | 10:40:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bekasi - Kabupaten Bandung Barat (KBB) berhasil melebihi target raihan medali pada cabang olahraga Dansa Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar XII/2014 di Kabupaten Bekasi. Pada pertandingan cabang olahraga Dansa yang digelar di GSG Komplek Stadion Wibawa Mukti, KBB mendapat tambahan satu medali emas dan dua medali perak.

Tambahan satu emas dan dua perak disumbangkan paangan Riki dan Shinta. Riki-Shinta berhasil meraih medali emas dari nomor quickstep mengalahka pasangan tuan rumah Sansan Mahali/Aulya Ervia dan pasangan Samsul Bahri/Tiara dari Kota Cimahi.

Sedangkan dua medali perak disumbangkan Riki-Shinta dari kategori lomba slow fox dan tanggo. Medali emas di kategori slow fox direbut Kota Bogor melalui Vincent Andrian dan Valensia Angela serta medali perunggu oleh Kota Bandung lewat Edi Suprianto dan Suci Almi. Sedangkan di kategori tango, medali emas menjadi miliki Martin dan Cynthia Magdalena Anwar dari Kabupaten Bandung dan medali perunggu oleh pasangan tuan rumah, Sansan Mahali dan Aulya Ervina R.

Keberhasilan tersebut langsung disambut suka cita kubu KBB. Ketua IODI KBB, Weti Lembanawati mngaku jika banyak kejutan yag terjadi pada Porda Jabar kali ini. Bahkan target raihan medali KBB pun mendapatkan tambahan dua perak.

"Target kami hanya satu emas dan satu perunggu. Tapi yang mengejutkan, anak-anak berhasil menambah pembendaharaan medali dengan raihan dua perak. Ini di luar dugaan, tahun ini sungguh merata penyebaran medalinya. Beda dengan Porda empat tahun lalu," ujar Weti.

Kejutan lain yag terjadi di Porda Jabar XII pada cabang olahraga Dansa adalah dengan adanya medali emas bersama pada nomor ballroom kategori all waltz. Pasangan tuan rumah Kabupaten Bekasi, Sansan Mahali-Aulya Ervina R serta pasangan Kabupaten Subang, Imam Munandar-Prior Seamont menjadi peraih medali emas bersama. Sedangkan medali perak diraih pasangan Kab Subang Muhammad Farraz M dan Ninda, sedangkan perunggu direbut pasangan Kota Bandung Panji dan Latifa.

Hadirnya raihan medali emas bersama pun menjadi pertanyaan beberapa kontingen. Mereka menilai, keberadaan emas bersama kali ini merupakan hal yang sangat jarang terjadi dan menjadi yang pertama kali terjadi di ajang Porda. Namun hal itu dibantah Dewan Pengawas Perlombaan Dansa, Robbin Tanuwibrata.

"Emas bersama sudah pernah terjadi di dansa, bukan sekali ini saja. Ini bisa saja terjadi karena total poin yang sama berdasarkan penilaian juri," ujar Robbin.

Pada perlombaan dansa, ada lima juri nasional dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur yang melakukan penilaian. Sama dengan nomor latin, sedikitnya ada tujuh item yang menjadi dasar penilaian. Yaitu postur, ketukan, koregrafi, teknik dansa, kekompakan pasangan, showmanship, serta ekspresi.

"Poin yang sama dari hasil perhitungan itu di dansa dinamakan 'tight'. Dan emas bersama ini bisa saja terjadi karena total nilai yang diraih sama," tambah Supervisor Panpel cabang dansa, Fey Cu.

Dan di kategori lomba terakhir yakni Vienesse waltz, giliran pasangan Kota Bandung Mohammad Gojali dan Enung Mulyani yang meraih medali emas. Gozali-Enung berhasil menyisihkan duet Samsul Bahri dan Tiara Pancasovier dari Kota Cimahi dan pasangan Kabupaten Subang, Imam Munandar dan Prior Seamont. (*)

Oleh: ageng rustandi / ang

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Libas Persipura 5-1, PSM Kokoh di Puncak Klasemen
Ribuan Siswa SMU di Bandung Saksikan Penutupan
NPCI SOLO: Pepernas XV/2016 Jawa Barat Luar Biasa
Hujan, Peserta Penutupan Peparnas Gunakan Mantel
Menteri Sosial Tutup Peparnas XV / 2016

Perolehan Medali Asian Games 2018

Tim Total Medali
1. China 289
2. Jepang 205
3. Korea Selatan 177
4. INDONESIA 98
Lihat Selengkapnya

Editorial


    Klasemen Liga Dunia

    Tim M Point
    1. Liverpool 12 34
    2. Leicester City 12 26
    3. Chelsea 12 26
    4. Manchester City 12 25
    Tampilkan Detail

    Klasemen Liga Indonesia

    Tim M Point
    1 Persib Bandung 3 9
    2 Bali United 3 7
    3 PSIS Semarang 3 6