web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Sudah Diakui Unesco, Geopark Ciletuh Belum Cantik
    Istimewa Demiz disambut hangat warga Ciletuh, Sukabumi.

    Sudah Diakui Unesco, Geopark Ciletuh Belum Cantik

    JuaraNews, Sukabumi - Meski sudah diakui oleh Unesco sebagai Universal Global Geopark (UGG), tapi Calon Gubernur Jabar nomor urut 4, Deddy Mizwar (Demiz) menilai Geopark Ciletuh masih memiliki banyak  pekerjaan rumah.

    Menurut Demiz, Geopark Ciletuh perlu banyak dibenahi agar terlihat lebih ‘cantik’ dan bisa menyedot banyak wisatawan, termasuk turis asing untuk datang menikmati panorama alam nan indah di kawasan yang resmi ditetapkan sebagai UGG, awal April ini.

    "Yang terutama tentu infrastruktur fasilitas yang menunjang pariwisata seperti pemantapan jalan, dermaga dan lain-lain, termasuk pembangunan dermaga baru di kawasan Palabuhanratu" ungkap Demiz saat berkunjung ke Ciletuh, Sabtu (28/4/2018).

    Demiz yang bersama Gubwrnur Jabar Ahmad Heryawan ikut menata dan menyiapkan Ciletuh sebagai UGG mengaku memiliki kewajiban untuk terus mengembangkan UGG Ciletuh Palabuhanratu.

    "Tentu saja itu akan menjadi perhatian khusus Saya jika terpilih nanti, karena Saya ikut membidani lahirnya UGG ini," jelasnya.

    Hal lain yang belum dilengkapi di UGG Ciletuh Palabuhanratu adalah pembangunan bandara seperti yang disyaratkan Unesco untuk kawasan Geopark.

    "Bandara sudah ditentukan tempatnya di Cikembar. Sebelumnya ada dua pilihan yaitu Citarate dan Cikembar, namun akhirnya dengan berbagai pertimbangan, Cikembar yang ditentukan," ungkap Wakil Gubernur Jabar non-aktif itu.

    Demiz juga menegaskan dalam jangka panjang adalah kesiapan masyarakat setempat yang daerahnya kini menjadi kawasan wisata dunia. "Secara berkesinambungan masyarakat harus terus disiapkan merobah budaya dari masyarakat petani atau nelayan menjadi masyarakat yang melek pariwisata," terangnya.

    Demiz berharap, masyarakat setempat benar-benar bisa mengambil manfaat dari UGG. Jangan justru orang luar yang mengambil keuntungannya, masyarakat setempat justru hanya jadi penonton. Dalam kesempatan berkampanye di Palabuhan Ratu, Demiz sempat mengunjungi pasar Palabuhanratu dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palabuhan Ratu.(*)

    fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Emil: RPJMD Kumpulan Aspirasi Warga Jabar
    Walhi Jabar Nilai Musrenbang RPJMD Cacat Subtansi
    Jabar Pererat Kerja Sama dengan Wallonia
    Jabar akan Miliki Badan Ekonomi Kreatif Daerah
    Ineu Dinobatkan sebagai Champion Gender 2018
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google