web stats service from statcounter

Hot News

  • Gomez Waspadai 2 Pemain PSIS Ini
    Gomez Waspadai 2 Pemain PSIS Ini
    • 16 November 2018 | 11:12:00 WIB

    MARIO Gomez mewaspadai ketajaman dou striker PSIS yang akan dihadapi tim Maung Bandung, Magelang, Minggu (18/11/2018).

Inspirasi

    Terowongan Kembar Cisumdawu Selesai Akhir 2018
    net Menteri PUPR meninjau Terowongan Kembar Cisumdawu

    Terowongan Kembar Cisumdawu Selesai Akhir 2018

    JuaraNews, Sumedang - Pembangunan terowongan kembar di ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Desa Cilengser Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang, ditargetkan selesai pada akhir 2018 ini.

    Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, terowongan kembar yang menelan biaya Rp890 miliar tersebut masing-masing memiliki panjang 472 meter dengan diameter 14 meter. Saat ini, pekerjaan terowongan untuk sisi kanan telah tembus 280 meter, sedangkan untuk sisi kiri sudah mencapai 376 meter.

    "Mudah-mudahan Agustus (sisi kiri) bisa tembus. Sedangkan yang kanan mungkin akhir (Dersember) 2018 bisa tembus," kata Basuki saat meninjau terowongan kembar yang berada di Seksi II Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan di Rancakalong Sumedang, Kamis (26/4/2018).

    Pembangunan terowonga kembar di Desa Cilengser tersebut termasuk dalam Seksi II (Rancakalong-Sumedang) tepatnya di Fase 2 (Ciherang-Sumedang). Basuki mengatakan terdapat sedikit kendala dalam pembangunan terowongan ini karena ada beberapa titik yang rawan longsor. Namun, pihaknya sudah bisa mengatasi hal tersebut.

    "Karena kondisi tanahnya, di tengah2 dijumpai volkanik breksi yang lebih porus sehingga kalau dikeruk mudah longsor dan airnya mengalir terus karena lempungan, jadi lebih hati-hatu dan progresnya lebih pelan, tapi buat saya tidak masalah," jelasnya.

    Sementara itu, secara keseluruhan pemerintah pusat menargetkan pembangunan Jalan Tol Cisumdawu Seksi I dan II sepanjang 28,5 km selesai pada akhir 2019. Basuki mengungkapkan, pembangunan jalan tol sepanjang 61,6 km tersebut terbagi ke dalam 6 seksi.

    Seksi I dan II mulai dari Cileunyi hingga Sumedang didanai APBN dan pinjaman dari Pemerintah Tiongkok sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Sementara Seksi III-VI sepanjang 32,6 km dikerjakan badan usaha jalan tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol.

    Konstruksi Seksi II sepanjang 17,05 km dibagi menjadi 2 fase. Fase I dari Rancakalong-Ciherang dengan panjang 6,35 km sudah selesai tahun 2017. Sementara fase II Ciherang-Sumedang dengan panjang 10,7 km saat ini progresnya sudah 37,03 persen atau lebih cepat dari rencana 32,38 persen.

    Untuk Seksi I sepanjang 11,4 km saat ini masih dalam tahapan pembebasan lahan. Secara keseluruhan pemebebasan lahan yang menjadi porsi pemerintah sudah 83 persen, untuk porsi BUJT mencapai 93 persen. Dari 4 seksi yang dikerjakan BUJT, dibangun dengan investasi sebesar Rp8,7 triliun.

    Saat ini Seksi III sudah dimulai tahapan konstruksi sementara seksi lainnya dalam tahap pembebasan lahan. Ditargetkan sepanjang 4 km yang berada di seksi III akan selesai pada Maret 2019. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Garuda Layani Rute Penerbangan Bandung-Singapura
    PT KAI Siapkan 62 Ribu Tempat Duduk per Hari
    Tiket KA untuk Natal & Tahun Baru Masih Tersedia
    Dorong Usahawan Baru, BI Gelar Pelatihan Wirausaha
    Maxwin Inisiasi Gerakan Indonesia Bebas Riba
    Berita Terdahulu

    Editorial