web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Petani di Cianjur Demo Tuntut Reformasi Agraria
    net

    Petani di Cianjur Demo Tuntut Reformasi Agraria

    JuaraNews, Cianjur - Petani penggarap di Kabupaten Cianjur menuntut pemerintah mengimplementasikan reformasi agraria. Aspirasi itu disampaikan oleh para petani dengan mendatangi langsung Gedung DPRD Cianjur, Kamis (26/4/2018).

    Petani merasa, jika selama ini mereka terkesan diintimidasi dan dikriminalisasikan. Terutama, ribuan petani di Kecamatan Takokak yang lahannya diklaim oleh PT Pasir Luhur. Padahal, para petani telah lebih dulu menggarap lahan tersebut sejak puluhan tahun lalu.

    Ketua Paguyuban Petani Cianjur Erwin Rustiana mengatakan, petani hanya mengharapkan agar tidak ada lagi kriminalisasi atas mereka. Terutama di lahan-lahan rawan konflik.

    ”Seperti yang terjadi di bekas lahan PT Harjasari di Desa Cibokor, Cibeber. Lalu, konflik petani di PT Pasir Luhur di Kecamatan Takokak. Dua petani ditahan di polsek,” ucapnya.

    Sejumlah lahan konflik lain, yakni di Pasir Randu Kecamatan Pagelaran, Cibuni di Kecamatan Kadupandak, Pasir Luhur di Kecamatan Takokak, dan Harjasari Kecamatan Cibeber. 

    Melalui aksi yang kemudian dilanjutkan dengan audiensi itu, disebutkan jika konflik agrarian muncul setelah lahan dikuasai oleh korporasi. Menurut dia, tidak sedikit lahan yang sebenarnya sudah digarap oleh petani selama puluhan tahun lamanya, tapi begitu saja diklaim oleh perusahaan dan akhirnya tidak bisa digarap. ”Perkebunan ini pun tidak diolah dengan baik. Di lahan, hanya tumbuh alang-alang saja,” jelasnya. (*)

    yan

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Dirjen PPR Gelar Sosialisasi Pengelolaan APBN
    Perubahan Nama BIJB,Wagub Ikut Kesepakatan Bersama
    Mahasiswa Bandung Demo Menolak Revisi UU KPK
    Pemprov Jabar Dorong Percepatan Tol Cisumdawu
    DPRD Jabar Usulkan Penambahan Pimpinan

    Editorial