Pos Indonesia

Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    BPBD Gelar Simulasi Bencana Akibat Patahan Lembang
    JuaraNews/Abdul Basir. Simulasi penanganan bencana akibat sesar Lembang.

    BPBD Gelar Simulasi Bencana Akibat Patahan Lembang

    JuaraNews, Bandung - Puluhan warga Kampung Ciharegem, Desa Ciburial, Kabupaten Bandung mengikuti simualsi bencana yang digelar BPBD Jabar dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional.

    Dalam simulasi diskenariokan penanganan atas peristiwa gempa yang dipicu pergeseran sesar atau patahan Lembang yang kemudian diikuti dengan adanya kebakaran, longsor dan pertolongan vertical rescue.

    Kepala BPBD Jabar Dicky Soromi mengatakan, simulasi ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat supaya siap siaga jika terjadi bencana yang disebabkan oleh patahan Lembang, khususnya kawasan Ciburial yang termasuk daerah rawan bencana.

    "Jadi kita memberikan pengetahuan kepada masyarakat bahwa merek bertempat tinggal di tempat yang rawan dengan bencana, bilamana terjadi gempa mereka sudah mengetahui evakuasi dan bagaimana meminta pertolongannya serta bagaimana kelembagaan desanya melakukan upaya-upaya dalam menangani bencana," ujar Dicky di sela kegiatan simualsi, Kamis (26/4/2018).

    Selain itu, simulasi ini juga untuk meningkatkan pihak terkait, khususnya BPBD dalam penanggulangan bencana. Untuk itu, Dicky berharap dengan adanya silmulasi ini, masyarakat dapat mengetahui langkah-langkah yang aman saat terjadi bencana.

    "Harapan kita melalalui simulasi ini masyarakat semakin tau dan sadar bagaimana untuk mengurangi resiko bencana," ucapnya.

    Simulasi ini melibatkan sekitar 1.000 personel baik dari BPBD, Diskar PB Kota Bandung, Basarnas, PMI, TNI-Polri, dan pihak pihak terkait lainnya.(*)

    Oleh: abdul basir / fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tiga Langkah Jitu Bagi Daerah untuk Beralih ke Zona Hijau
       Erwin: Jangan Ragu Sampaikan Aspirasi dalam Reses
    Dadang Ingatkan Leading Sektor Terkait Pencegahan Pandemi Covid-19 Saat Reses
    Golkar Pilih Nia di Pilkada Kabupaten Bandung, Pengamat: Nia Mesti Tengok Suksesnya Istri Dedi Mulya
    Dadang: AKB diberlakukan, Masyarakat Harus Tetap Waspada   
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads