web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Ini Inovasi Keren Cinambo Dorong Budaya Literasi
    Istimewa Kecamatan Cinambo memaparkan program Gemma.

    Ini Inovasi Keren Cinambo Dorong Budaya Literasi

    JuaraNews, Bandung - Kecamatan Cinambo punya terobosan jitu untuk menghidupkan semangat literasi di wilayahnya. Salah satunya yaitu dengan program Gerakan Minggu Membaca (Gemma).

    Rencananya program ini akan diluncurkan di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sukamulya Cerdas, Kecamatan Cinambo, Kota Bandung, 6 Mei mendatang.

    Menurut Camat Cinambo, Dadang Iradi mengungkapkan, Gemma merupakan inisiasi Kecamatan Cinambo untuk meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan. Gerakan ini tidak hanya mengajak orang untuk membaca buku di hari Minggu, tetapi juga menjadi bagian dari program Kampung Literasi lainnya.

    “Gemma ini tidak sekadar melibatkan orang dan aktivitas membaca tetapi juga masuk ke konsep kampung literasi. Di kampung literasi ada budaya, ekonomi, TI (Teknologi Informasi), dan membaca. Jadi literasi zaman now tidak lagi hanya sekadar mengajak, mungkin bosan kalau anak kita disuruh membaca, tapi harus ada media lain,” ujar Dadang.

    Konsep Kampung Literasi yang ingin dikembangkan yakni menyediakan fasilitas sebaik-baiknya untuk menumbuhkan kesadaran dan keinginan membaca masyarakat, baik kalangan muda maupun tua. Menurut Dadang, membaca bukan hanya tugas anak-anak usia sekolah atau pemuda saja tetapi juga seluruh elemen masyarakat.

    Oleh karena itu, untuk mendukung Gemma, Kecamatan Cinambo juga menggagas Library Box di titik-titik keramaian, seperti pangkalan ojeg, kantor RW, kantor kelurahan, hingga Puskesmas dan posyandu. Buku-buku yang ditempatkan di Library Box didapatkan dari donasi masyarakat sendiri.

    “Kami akan adakan program One Family One Book. Setiap keluarga diminta menyumbangkan minimal satu buku, buku apa saja. Kita nanti siapkan box-box untuk ditempatkan di Puskesmas dan lain-lain. Buku menjadi nomor satu yang kita akan upayakan koleksi dan kuantitasnya,” jelasnya.

    Tak hanya itu, Gemma juga akan didukung oleh Gerakan Mematikan (Gematik) 18-20. Gematik adalah imbauan kepada warga Cinambo untuk mematikan gawai dan televisi pada pukul 18.00-20.00 WIB. Waktu tersebut dianjurkan untuk kegiatan bersama keluarga dengan makan malam bersama, belajar, dan juga membaca.(*)

    fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Emil Jual Baju untuk Sumbang Gempa Lombok
    Pemkot Tingkatkan Sosialisasi Stop Ngebut di Jalan
    Cegah Penyebaran Narkoba, BNN Gelar Sosialisasi
    Oded Bertekad Jadikan Bandung Bebas Sampah
    Emil bakal Bawa Beberes Bandung jadi Beberes Jabar
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Mari Kita Berkurban
      Mari Kita Berkurban

      SEKITAR 2,1 miliar umat muslim di seluruh dunia serentak memeringati Hari Raya Idul Adha yang pada 2019 ini jatuh pada hari Rabu (22/8/2018).

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018