web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Perembesan Air Terjadi Secara Masif di Cirebon
    net

    Perembesan Air Terjadi Secara Masif di Cirebon

    JuaraNews, Cibreon - Perembesan atau Intrusi air laut terjadi sejauh 1 km ke darat di kota Cirebon. Namun intrusi air laut tersebut tidak merata, hanya sporadis di titik-titik tertentu saja yang jangkauannya sejauh itu.

    Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Kota Cirebon Yoyon Indrayana mengatakan, upaya perbaikan lingkungan yang masif, harus segera dilakukan, untuk menahan laju intrusi air laut tersebut.

    “Intrusi air laut yang sudah mencapai 1 km itu, terjadi sejak tujuh tahun lalu dan saat ini spot-spotnya terus bertambah banyak,” tuturnya seusai seminar “Sinergitas Pemda, Masyarakat dan Dunia Usaha dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan” yang digelar Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Selasa (24/4/2018).

    Menurut Yoyon, pencatatan jejak intrusi air laut terakhir dilakukan pada 2011 lalu, saat dilakukan identifikasi lahan dengan melakukan pengeboran untuk pengambilan sampel di sejumlah titik. “Waktu itu identifikasi lahan dilakukan bersamaan dengan pembahasan Perda RTRW tahun 2011,” jelasnya.

    Saat itu, katanya, pengambilan sampel terjauh di lakukan di perempatan Gunungsari tepatnya di gedung BRI, ditemukan titik yang airnya asin, namun di titik lain sekitarnya masih air tawar. Yoyon mengakui, idealnya identifikasi lahan, salah satunya untuk mengetahui tingkat intrusi air laut, dilakukan setiap 5 tahun sekali.

    “Apalagi dengan gencarnya pembangunan hotel dan restoran serta pusat perbelanjaan beberapa tahun belakangan ini yang semakin menyedot air tanah, sangat penting untuk mengetahui kondisi terbaru sebagai acuan di dalam menerapkan regulasi, sebagai daerah pesisir,” pungkasnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Rumah James Riady Digeledah KPK
    Wagub Jabar Pastikan Gelar RUPS BJB November
    Soal Bupati Bekasi, Uu Konsultasi dengan Mendagri
    Jabar Butuh 1.500 Penerbangan untuk Layani Umrah
    Emil Ingin Jabar Jadi Provinsi Kopi Terbaik Dunia
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google