web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Panwaslu Waspadai Black Campaign Pasca Kasus OTT
    istimewa Ketua Panwaslu KBB Cecep Rahmat Nugraha

    Panwaslu Waspadai Black Campaign Pasca Kasus OTT

    JuaraNews, Bandung Barat - Panwaslu Kabupaten Bandung Barat (KBB) mewaspadai munculnya black campaign pascaadanya OTT oleh KPK. Hal itu dikhawatirkan berdampak kepada salah satu pasangan calon.

    Untuk itu, pengawasan dilakukan terhadap sejumlah akun media sosial (medsos) yang terdaftar di KPU dan dua grup medsos yang sering aktif dipakai diskusi oleh masyarakat. 

    "Black campaign ini dikhawatirkan terjadi dan semakin marak, apalagi setelah adanya kasus OTT oleh KPK," ucap Ketua Panwaslu KBB Cecep Rahmat Nugraha di sela-sela acara sosialisasi Pilkada Serentak di Lembang Asri Resort, Kecamatan Parongpong, Selasa (24/4/2018).

    Cecep mengatakan, black campaign ini berpotensi menimbulkan friksi di lapangan. Karena itu bagi mereka yang terbukti melakukan itu bisa dijerat hukuman pidana. Untuk akun medsos yang tidak terdaftar di KPU itu ranahnya ada di kepolisian. 

    Menurutnya black campaign menjadi perhatian serius karena dapat menyudutkan pasangan calon tertentu. Meskipun belum muncul ke permukaan tapi potensi itu tetap ada mengingat proses kampanye masih panjang. Saat ini ada dua sampai tiga grup medsos yang memuat pernyataan-pernyataan yang menjurus ke arah black campaign. Namun pihaknya belum dapat mengambil tindakan karena harus dikoordinasikan dengan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu).

    "Nanti dalam rapat koordinasi Sentra Gakkumdu akan disampaikan penindakan black campaign dalam medsos. Sebab kami hanya memiliki kewenangan melakukan penindakan sebatas pada akun tim sukses paslon yang terdaftar di KPU," tuturnya. 

    Dia pun meminta, aktor politik di KBB bersikap dewasa dan taat pada aturan. Jangan memiliki niat mendeskriditkan paslon lain hanya untuk meraih kemenangan. Selain itu dirinya juga mengawasi politik uang atau money politics. Praktik dengan mengiming-imingi barang atau uang ini tak lagi rawan terjadi pada mendekati hari pencoblosan namun bisa terjadi dalam setiap tahapan pilkada. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tak sesuai Standar, Kemenhub Tutup Unit Uji KIR
    Pimpin KBB, Akur Siap Jawab Keraguan Masyarakat
    Apdesi KBB Minta Plt Bupati Tidak Lakukan Mutasi
    Terlalu Banyak, Dana Bantuan ke LSM Tak Merata
    Hotel di Lembang Sepi karena Pengaruh Macet
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Dirgahayu Republik Indonesia
      Dirgahayu Republik Indonesia

      PADA 17 Agustus 2018, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-73 tahun. Memeringati terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan.

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018