web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


  • Menikah dan Perjuangan
    Menikah dan Perjuangan

    SUAMI dan istri yang sudah menikah, semakin lama komunikasi yang terjadi kurang harmonis.

    Masyarakat Diminta Komitmen Rawat Geopark Ciletuh

    Masyarakat Diminta Komitmen Rawat Geopark Ciletuh

    JuaraNews, Sukabumi - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan meminta masyarakat untuk bersama-sama merawat kawasan wisata Geopark Ciletuhh, Kabupaten Sukabumi agar menjadi taman bumi yang indah di dunia.

    "Kita minta masyarakat untuk komitmen bersama semua stakeholder, kita ingin merawat Geopark ini jadi yang terindah di dunia dengan cara ditata, dan bangun infrastruktur jalan dan lainnya," ujar Aher di kawasan wisata Geopark Ciletuhh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (20/4/2018).

    Menurut Aher, hal lainnya yang harus dirawat adalah dari segi pelestarian geodiversity, biodiversity, dan cultural diversity. Geodiversity adalah kawasan geopark itu sendiri, sedangkan biodiversity yaitu keanekaragaman flora dan fauna, serta cultural diversity yakni kebudayaan lokal yang harus tetap dijaga.

    Selain itu, Unesco meminta kehadiran Geopark Ciletuh dimasukkan kedalam pendidikan baik formal maupun non-formal. Hal ini, kata Aher, agar masyarakat bisa memahami pentingnya melestarikan Geopark sejak dini.

    "Pendidikan dari tingkat SD sampai Perguruan Tinggi, tidak harus di dalam kurikulum, tapi diajarkan. Supaya aware (sadar)," ucapnya.

    Sosialisasi kepada masyarakat umum pun menjadi penting diupayakan agar bisa menggerakkan masyarakat untuk tidak merusak alam di kawasan Geopark.

    "Dengan cara itu, pemahaman (melestarikan) Geopark terjadi dengan baik, punya pemahaman untuk merawat dan menggerakan masyarakat sosial supaya tidak merusak hutan, atau alam untuk Geopark," pungkasnya. (*)

    Oleh: abdul basir / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Alumni Pesantren Persis Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin
    Emil Optimis Penanganan Citarum Harum Lebih Cepat
    Cipayung Kota Bandung Gelar Aksi Solidaritas
    Jabar Bergerak Siap Berkontribus Bangun Jawa Barat
    Uu Arahkan Pelaku Industri Beralih Segitiga Rebana

    Editorial


    • Gong Xi Fa Chai
      Gong Xi Fa Chai

      SELASA (15/2/209) ini merupakan hari istimewa bagi orang-orang Tionghoa atau keturunan China di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.