ultah bandung

Hot News


JN-TAM

Inspirasi


    Pembuat Oplosan di Cicalengka Diancam 20 Tahun
    net

    Pembuat Oplosan di Cicalengka Diancam 20 Tahun

    JuaraNews, Bandung - Wakapolri Komjen Pol Syafruddin menyatakan, para pelaku peracik dan penjual miras keras oplosan di Cicalengka terancam hukuman berat. Pasalnya akibat perilaku mereka telah menyebabkan 44 orang meninggal sehingga mereka dapat diancam dengan hukuman maksimal 20 tahun penjara.

    “Penyidik agar menerapkan pasal yang maksimal, kalau di KUHP itu pasal 204 ayat 1 dan ayat 2. Ayat duanya manakala meninggal hukumanya 20 tahun atau bisa hukuman mati,” ucapnya saat meninjau kediaman pelaku utama di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Kamis (19/4/2018).

    Tak hanya Pasal 340 KUHP, para pelaku juga akan dijerat Pasal 204 KUHP tentang perbuatan melawan hukum karena menjual barang yang membahayakan jiwa dan kesehatan. Dalam kasus peredaran miras oplosan selama ini, polisi menjerat pelaku dengan pelanggaran Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan saja.

    Hingga kini polisi telah menetapkan empat tersangka dalam kasus miras oplosan cap Ginseng yang mengakibatkann 44 orang meninggal di Cicalengka.

    Keempat tersangka adalah pemilik pabrik miras oplosan Samsudin Simbolon, istri Samsudin, yakni HM, serta W dan JS sebagai agen penjualan miras oplosan tersebut. HM, W, dan JA ditangkap terlebih dahulu tak lama setelah kasus ratusan orang keracunan akibat mengkonsumsi miras oplosan.

    Samsudin Simbolon sempat buron dan dimasukkan ke dalam  daftar pencarian orang oleh kepolisian. Pencarian Samsudin Simbolon berakhir setelah tim penyidik Ditres Narkoba dan penyidik Polres Bandung, Polda Jabar, dibantu Polda Sumsel menangkapnya di perbatasan Sumatera Selatan dan Jambi pada Rabu 18 April 2018.

    "Hasil pengembangan HM (istri), SS akan pergi ke arah Sumatera Utara,” tuturnya. (*)

     

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pemkab Bandung Salurkan 2.000 Paket Sayuran di 6 Kecamatan
    Pemkab Bandung Luncurkan Gerobak B2SA
    Gelar Gakpin , Sekda Pemkab Bandung Ingatkan Pentingnya Protokol Kesehatan
    Kerja Sama dengan Aspartan, Distan Kabupaten Bandung Jual Paket Sayuran
    Peringati HUT RI di Masa Pandemi Covid-19, Legislator Ajak Generasi Muda Maksimalkan Potensi Diri
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan
      walikota

      Info Kota


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads