web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Rawa Seluas 20 Hektare Dijadikan Lahan Pertanian
    net

    Rawa Seluas 20 Hektare Dijadikan Lahan Pertanian

    JuaraNews, Bogor – Mentan ingin memanfaatkan lahan kering dan rawa seluas total 20 juta hektare untuk lahan pertanian. Program tersebut akan dimulai dari lahan berstatus Area Penggunaan Lain (APL) seluas 8,1 juta hektare milik Kementrian Pertanian.

    Menrut Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, pemanfaatan lahan kering dan rawa diakui menjadi upaya jangka menengah dan panjang pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional.

    "Ini untuk memberi makan 500 juta penduduk Indonesia bahkan sampai satu miliar penduduk masih aman," ucapnya.

    Dia menyebut luas lahan pertanian padi di Indonesia saat ini mencapai 15 juta hektare secara keseluruhan. Ditargetkan program penambahan 20 juta hektare lahan pertanian bisa membuat negaranya menjadi lumbung pangan dunia pada masa yang akan datang.

    Rencana tersebut dibahas secara khusus dalam Rapat Koordinasi bersama Balai Penelitian Pengembangan Pertanian Kementrian Pertanian di Kota Bogor. Amran menjelaskan proses pemanfaatan lahan kering dan rawa yang tidak produktif melalui pengelolaan sumber daya airnya.

    Di lahan kering, Amran akan menerapkan sistem rain forest harvesting melalui pembangunan embung, sumur dangkal maupun dalam, parit dan sebagainya. Sementara kelebihan air di rawa akan diatasi dengan metode low storage atau irigasi rawa.

    "Kita minta petanya, programnya, jadi satu Minggu ke depan," kata Amran menargetkan program tersebut direalisasikan secara bertahap mulai tahun ini. (*)

     

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Sandi Minta Relawan Kerja Keras dan Kerja Cerdas
    Emil: RPJMD Kumpulan Aspirasi Warga Jabar
    Walhi Jabar Nilai Musrenbang RPJMD Cacat Subtansi
    Jabar Pererat Kerja Sama dengan Wallonia
    Jabar akan Miliki Badan Ekonomi Kreatif Daerah
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google