web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    Genjot PAD, Pemkot Cimahi Naikan Pajak Air Tanah
    net

    Genjot PAD, Pemkot Cimahi Naikan Pajak Air Tanah

    JuaraNews, Cimahi – Pemkot Cimahi menaikan tarif satuan meteran air tanah yang digunakan oleh perusahaan atau industri. Kenaikan itu berdasarkan pertimbangan yang dituangkan ke dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) yang saat ini tinggal disahkan, harga air tanah di Cimahi akan disesuaikan.

    Saat ini, harga permeter kubik air tanah di Cimahi hanya Rp 500. Berdasarkan Perwal, dari harga Rp 500 permeter kubiknya, pemerintah akan menaikkan harga air bawah tanah menjadi Rp 1.500 sampai Rp 2.000 permeter kubik. Sedangkan harga air tanah di Kabupaten Bandung Barat mencapai Rp 4000 permeter kubiknya.

    "Perwalnya sudah ditandatangani, dan dalam waktu dekat siap diimplementasikan. Kami dari Bappenda sebetulnya hanya menarik pajak. Di Bandung Raya, tarif air tanah di Cimahi itu yang paling rendah, makanya perlu dinaikkan,"  ungkap Sekretaris Bappenda Kota Cimahi, Yunita R. Widiana, Senin (16/4/2018).

    Dia melanjutkan, kendati sudah menaikkan tarif sebesar 3-4 kali lipat, namun tarif air tanah di Cimahi tetap berada di bawah tarif air tanah kota dan kabupaten tetangga.

    Untuk menaikkan tarif kan perlu konsultasi dulu. Untuk yang sekarang kebetulan sudah disetujui Gubernur Jawa Barat. Untuk kenaikan sendiri baru sekarang, dan hanya naik tiga kali lipat atau empat kali lipat saja.

    “Kalau tarifnya sama dengan Kota Bandung atau Kabupaten Bandung Barat, sepertinya banyak yang komplain, paling kita coba bertahap," sambungnya.

    Dengan kenaikan tarif tersebut, Yunita berharap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak air tanah bisa meningkat. Saat ini, dengan tarif air tanah masih Rp 500 permeter kubik, pemerintah menargetkan PAD sebesar Rp 3,5 miliar. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    556 Guru di Cimahi Disiapkan Awasi UNBK SMP
    Terlalu Gemuk, Pemkot Cimahi Evaluasi SOTK Baru
    7.486 Siswa SMP di Cimahi Siap Ikuti UNBK
    Unjani Mewisuda 1.313 Lulusan dari Berbagai Prodi
    Sejumlah Titik di Cimahi Banyak Menjamur TPS Liar
    Berita Terdahulu

    Pilwalkot Bandung 2018

    Info Kota

    Editorial

    • Pilih Pemimpin yang Amanah
      Pilih Pemimpin yang Amanah

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 yang akan dihelat pada 27 Juni 2018, kini sudah memasuki tahapan kampanye.