KPK Minta Warga Terlibat Awasi LHKPN Kepala Daerah
JuaraNews/Abdul Basir.

KPK Minta Warga Terlibat Awasi LHKPN Kepala Daerah

JuaraNews, Bandung - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta masyarakat ikut mengawasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) calon kepala daerah yang mengikuti pilkada.

Bahkan, untuk membuat laporan tersebut tergolong cukup mudah karena warga dapat mengaksesnya secara online melalui website https://acch.kpk.go.id/aplikasi-lhkpn/.

Spesialis LHKPN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Dian Widiarti mengatakan, LHKPN penting diawasi lantaran menjadi tolok ukur untuk melihat tranparansi harta kekayaan.

"LHKPN penting untuk diketahui, terutama kepatuhan penyelenggara negara. Ini sesuai dengan kewajiban yang tertuang dalam Undang-undang. Untuk mendorong kepatuhan 100% itu, butuh peran serta masyarakat," ujar Dian usai acara FGD "Mengawal Pilkada 2018 Berintegritas di Jawa Barat" di Aula Setia Permana KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Senin (16/4/2018)

Menurut Dian, setiap tahunnya LHKBN yang dilaporkan oleh penyelenggara negara kepada KPK fluktuatif atau naik turun. Maka dari itu supaya pelapor patuh membayar LHKBN setiap tahunya, pihaknya berencana memberi sanksi kepada pelapor baik SP ataupun penurunan Jabatan

"Sekarang kan dari undangan undangan hanya diberikan sanksi administrasi. Kita berupa mendorong supaya di beri sanksi tegas. Misalnya pemotongan tunjangan kinerja ataupun dikenai SP atau bisa juga penurunan jabatan," tandasnya.(*)

Oleh: abdul basir / fan

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Pemprov Jabar Siapkan Rp16,2 Triliun Atasi Dampak Sosial Covid-19
Penyebaran Covid-19 Meluas, Pemprov Jabar Tingkatkan Kapasitas Penanganan Limbah B3
Ini 2 Fase Penanggulangan Covid-19 yang Dilakukan Pemprov Jabar
Punya Balai Laboratorium Sendiri, Pemprov Jabar Komitmen Percepat Penangangan Covid-19
Gubernur Jabar: Penolakan Jenazah akibat Covid-19 takkan Terulang di Jabar