web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    Demiz Prioritaskan Penyediaan Air untuk Pertanian
    Istimewa Cagub Jabar nomor urut 4, Deddy Mizwar.

    Demiz Prioritaskan Penyediaan Air untuk Pertanian

    JuaraNews, Subang - Ketersediaan air untuk lahan pertanian baik air baku, air bersih maupun irigasi menjadi salah salah satu program yang akan diprioritaskan oleh Calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat nomor urut 4 Deddy Mizwar.

    Sosok yang akrab disapa Demiz dan berpasangan dengan Dedi Mulyadi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018 itu mengatakan, ketersediaan air untuk ketiga hal tersebut merupakan kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

    "Penyediaan irigasi dan air baku yang bisa diminum di daerah rawan air sangat penting, sehingga itu menjadi visi kita dan salah satu program prioritas. Termasuk juga penyediaan bahan makanan dan juga makanan tambahan bergizi di daerah rawan pangan dan penyandang gizi buruk," jelas Demiz kepada wartawan, Senin (16/4)/2018).

    Menurutnya penyediaan air baku dan irigasi merupakan hal yang sangat penting. Terlebih saat ini masih banyak daerah yang belum memperoleh suplai air bersih dan irigasi yang mencukupi. "Kita mendorong bagaimana irigasi bisa optimal, saat ini baru sekitar 73% daerah yang telah ada irigasi,” papar Demiz.

    “Artinya masih ada sekitar 27% daerah di Jawa Barat ini yang belum mendapatkan irigasi, begitu juga dengan air bersih, itu ada sekitar 27% masyarakat yang belum mendapatkan air bersih,” sambung tokoh yang juga akrab disapa Bang Haji tersebut.

    Dari data yang ia milikibeberapa spot daerah di Jabar ini yang belum mendapatkan irigasi dan air bersih. Terutama di daerah pertanian seperti halnya di Indramayu dan Karawang. "Indramayu saja belum semuanya, dari 119.000 hektare, baru 90.000 hektare yang teririgasi. Artinya ada lebih dari sekitar 25.000 hektare yang belum," katanya.

    Menurutnya saat ini untuk wilayah Indramayu, irigasi disana dibantu oleh adanya waduk Jatigede. Namun demikian waduk jatigede sendiri baru bisa memasok ke sekitar 90.000 hektare. Sementara masih ada lahan pertanian yang belum mendapat pengairan irigasi.

    "Untuk yang belum mendapatkan irigasi itu nanti akan dibantu oleh waduk Sadawarna, sehingga semuanya bisa teraliri irigasi," katanya.

    Saat ini, lanjutnya, Pemprov Jabar sedang membangun tujuh waduk baru yang dilakukan secara bertahap. Baik itu di Sumedang, Subang, Kuningan. Termasuk juga di Karawang ada waduk Sukamahi dan Ciawi.(*)

    fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Jalan di 42 Kecamatan di Garut Rusak Berlubang
    Penggunaan Bright Gas di Tasikmalaya Meningkat
    Kota Bandung Juara Umum MTQ Jabar 2018
    Banjir di Tarogong Garut akibat Saluran Air Sempit
    Mei, Akses Menuju BIJB Diharapkan Berfungsi Penuh
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Pilih Pemimpin yang Amanah
      Pilih Pemimpin yang Amanah

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 yang akan dihelat pada 27 Juni 2018, kini sudah memasuki tahapan kampanye.

      Advertisement On Google