web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Bandung Memang Juara, Perekaman e-KTP Bisa di Mall
    Istimewa Peresmian gerai Admindukcapil di Festival Citylink

    Bandung Memang Juara, Perekaman e-KTP Bisa di Mall

    JuaraNews, Bandung - Inovasi pelayanan publik terus dilakukan dan dikembangkan oleh Pemkot Bandung, khususnya di bidang kependudukan sebagai upaya meningkatkan tingkat kepuasan masyarakat Kota Kembang.

    Setelah program jemput bola ke rumah-rumah warga untuk melakukan perekaman KTP Elektronik, kali ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung membuka gerai pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil (Admindukcapil) di mall.

    Disdukcapil Kota Bandung bekerjasama dengan manajemen Festival Citylink Mall membuka Gerai Pelayanan Admindukcapil di Lantai 3 Festival Citylink Mall, Jalan Peta, Kota Bandung. Gerai pelayanan ini telah dibuka sejak awal April 2018 dan melayani tiga jenis produk layanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

    Pembukaan gerai Admindukcapil ini dilakukan sebagai upaya mendukung program keempat dari Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (#GISA) Kementerian Dalam Negeri, yakni sadar melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat yang bahagia.

    Gerai Admindukcapil ini memberikan pelayanan untuk pembuatan akta kelahiran, pembuatan akta kematian, dan perekaman KTP Elektronik. Pada acara tersebut juga Disdukcapil Kota Bandung menyerahkan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil secara simbolis kepada masyarakat Kota Bandung yang menggunakan layanan Admindukcapil tersebut.

    Gerai pelayanan ini diapresiasi oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh. Kreativitas dan kolaborasi yang dilaksanakan Disdukcapil Kota Bandung. Pasalnya layanan tersebut melibatkan pihak pusat perbelanjaan swasta.

    Menurutnya, ini dapat menarik minat masyarakat dalam perekaman data administrasi kependudukan. "Inilah dia yang namanya 'Go Kreasi' dalam bahasa manajemen yang saya tekuni, atau sinergitas, kolaborasi dalam bahasa pemerintahannya," ungkap Zudan seusai acara.

    Menurut Zudan, data kependudukan sangat diperlukan oleh pemerintah untuk bermacam-macam fungsi, salah satunya adalah untuk mempercepat pembangunan daerah. "Data kependudukan ini akan lebih diberdayakan nantinya untuk perencanaan pembangunan daerah. Misalkan sekarang ada program baru dicanangkan, minggu depan sudah ada integritas dengan data kependudukan di pemerintah daerah," jelas Zudan.

    Dalam waktu yang bersamaan pula, khusus pada saat launching gerai ini, Disdukcapil Kota Bandung mengadakan Mepeling (Memberikan Pelayanan Keliling) bagi seluruh masyarakat Bandung di pelataran parkiran Festival Citylink Mall. Adapun pelayanan yang diberikan kepada masyarakat meliputi pembuatan akta kelahiran usia 0 sampai 18 tahun, akta kematian, perekaman e-KTP, dan kartu identitas anak (KIA).(*)

    fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Bapenda Bebaskan Biaya BBNKB dan Denda PKB
    KPK Panggil 6 Saksi Penyidikan Korupsi Abubakar
    Pemkot Bandung Jamin Layanan Publik Tetap Maksimal
    Jelang Ramadan, Pemkot Gelar Operasi Praja Wibawa
    Kota Bandung Optimistis Kembali Raih Adipura
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Memilih
      Selamat Memilih

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 resmi dihelat Rabu, 27 Juni 2018 ini.

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018