web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    41 Warga Tewas, Kab Bandung KLB Miras Oplosan
    net ilustrasi

    41 Warga Tewas, Kab Bandung KLB Miras Oplosan

    JuaraNews, Bandung - Bupati Bandung Dadang M Nasser menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) di wilayah Kabupaten Bandung menyusul tewasnya puluhan warga akibat menenggak minuman keras (miras) oplosan pada akhir pekan lalu.

    Data jumlah korban sendiri memang masih simpang siur karena data terus bertambah dengan cepat, baik meninggal maupun total korban, yang masuk ke rumah sakit sejak Kamis (5/4/2018) hingga Selasa (10/4/2018). Namun setidaknya hingga Selasa (10/4/2018), data korban miras oplosan mencapai lebih dari 145 orang, dengan 41 di antaranya meninggal dunia.

    Para korban meninggal ditangani RSUD Cicalengka sebanyak 31 orang dari total 93 pasien, di RS AMC sebanyak 26 pasien meninggal 7 orang, dan RSUD Majalaya menangani 26 pasien meninggal 3 orang. Dan hingga saat ini, sebanyak 19 orang masih mendapat perawatan intensif di RSUD Cicalengka, 4 orang di RS AMC, dan 6 orang di RSUD Majalaya.

    Dadang menyatakan keprihatinannya dan mengaku kecolongan atas kejadian ini. Dia pun menetapkannya sebagai status KLB.

    “Saya akan persiapkan dan menginstruksikan Dinas Kesehatan untuk menetapkan prosedur tetap (protap) status KLB. Sebab korbannya terus menerus bertambah, termasuk korban yang meninggal. Jadi rumah sakit tiba-tiba harus menerima beban dengan mengeluarkan biaya perawatan yang besar, makanya kami akan tetapkan KLB,” ungkap Dadang di Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (10/4/18).

    Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Sofian Nataprawira mengungkapkan, KLB ditetapkan lantaran korban meninggal dunia akibat miras oplosan itu terus bertambah. Status KLB ini,menurut Sofian, telah dikonsultasikan dengan Kementerian Kesehatan.

    "Ini kejadiannya setelah konsultasi dengan Kementerian Kesehatan bisa dikatakan kejadian luar biasa, dan kami akan mengambil langkah-langkah sesuai dengan prosedur dalam Perda Kabupaten Bandung," ujar Sofian di RSUD Cicalengka, Selasa (10/4/2018).

    Menurut dia, penetapan KLB ini bisa meringankan beban keluarga yang ditinggalkan korban, terutama dalam masalah pembiayaan rumah sakit. "Mudah-mudahan bisa gratis, nanti kami akan proses secara administrasi," kata Sofian.

    Dia menambahkan, pembahasan teknis soal tersebut akan dilakukan Direktur RSUD Cicalengka dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung untuk diajukan ke bupati. untuk ditandatangani. "Ini masuknya kan situasional, jadi kami tetapkan sebagai KLB," ucapnya.

    45 Tewas, Kabupaten Bandung Tetapkan KLB Miras Oplosan

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Achmad Kustijadi mengatakan, total korban yang meninggal akibat miras oplosan di Kabupaten Bandung ini mencapai 41 orang yang datanya berasal dari RSUD Cicalengka sebanyak 31 orang, RS AMC Cileunyi 7 orang, dan RSUD Majalaya 3 orang.

    Menurut Kustijadi, penetapan KLB ini diharapkan bisa meminimalisasi jumlah korban meninggal dunia akibat menenggak miras oplosan itu. Pembiayaan akan dilakukan melalui APBD untuk membantu mengurangi beban masyarakat yang terkena masalah tersebut.

    "Memang KLB ini lebih ke aspek pelayanan, secepat mungkin responsnya sehingga korban tidak banyak, dan kedua masalah pembiayaan," kata Kusniadi.

    Sementara itu, Dirut RSUD Cicalengka Yani Sumpena mengatakan, hingga Selasa (10/4/2018), pihaknya sudah merawat total 93 korban, dengan 31 orang meninggal. Kemungkinan korban masih akan berdatangan menuju rumah sakit. Pasalnya, efek negatif yang disebabkan oleh miras oplosan itu baru dirasakan setelah 2-3 hari pasca-mengonsumsinya.

    "Kemungkinan masih ada yang datang, tapi tidak banyak, karena prediksi kami puncaknya pas Senin malam kemarin," kata Yani. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Bupati Resmikan Jalan Cijagra-Bojongsari-Rancaoray
    Kiky: BPNT Jangan Jadi Komoditas Bisnis
    Ojol dan Opang Berdamai Pasca-Bentrok di Cikoneng
    4 Orang Jadi Tersangka dalam Bentrok Opang-Ojol
    Polisi Kejar Pelaku Penganiayaan Ojol di Cikoneng

    Editorial

      Info Kota

    • DAFTAR CALON TETAP

    • image006.png
    • image007.png
    • image010.png
    • image012.png
    • image098.png
    • image100.png
    • image102.png
    • image104.png
    • image162.png
    • image164.png
    • image166.png
    • image168.png
    • image239.png
    • image241.png
    • image245.png
    • image243.png