web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Jurnalis di Jabar Deklarasi Netral dan Independen
    Istimewa Aher pimpin deklarasi pers netral dan independen.

    Jurnalis di Jabar Deklarasi Netral dan Independen

    JuaraNews, Bandung - Insan pers di Jabar menyatakan komitmennya untuk menjaga netralitas dan independensi selama proses pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019.

    Deklarasi tersebut dilakukan kalangan media, termasuk asosiasi media dan wartawan bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), Ketua Dewan Pers Yosep Stanley Adi Prasetyo, Bawaslu serta masyarakat pemerhati media di Aula Barat Gedung Sate, Selasa (10/04/2018).

    Deklarasi ini dirasa perlu mengingat tensi politik menjelang Pilkada Serentak 2018 di sejumlah daerah kembali meningkat. Termasuk di Jabar yang akan menggelar Pilkada serentak di 16 Kabupaten/ Kota dan 1 provinsi bulan Juni nanti yang dikhawatirkan akan ada pemanfaatan pers, menarik-narik media bahkan membuat media baru untuk memenangkan politik dengan mencederai nilai luhur pers.

    Aher menuturkan, pers berperan penting dalam menyukseskan pesta demokrasi. Media cetak, elektronik dan online selain menyampaikan informasi, edukasi, hiburan dan kontrol sosial, juga bertanggung jawab mengawal penyelenggaraan Pilkada serentak.

    "Media harus jadi jembatan atas hak demokrasi masyarakat dan kepercayaan mereka terhadap penyelenggara Pilkada," tuturnya.

    Aher meminta media yang menyediakan rubrik khusus kegiatan kampanye Parpol atau Paslon berlaku adil dan berimbang. Untuk itu media dalam penyelenggaraan Pilkada ini berperan aktif dan bersikap profesional dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.

    "Kebebasan pers menjadi penting sebagai penyedia sumber informasi yang independen untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat. Semoga sesuai dengan tagline Pilgub Jabar Semarak (semangat, mandiri, ramah dan aksesibel) dan Pilkada serentak Gembira (Gerakan membangun demokrasi yang bermartabat dan adil)," ucap Aher.

    Sementara itu, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo menyambut baik deklarasi tersebut karena akan semakin meningkatkan profesionalisme wartawan. Yosef mengungkapkan, ada sejumlah daerah di Jabar yang saat penyelenggaran Pilkada dimanfaatkan oleh oknum wartawan untuk mengeruk keuntungan.

    "Di beberapa Kabupeten di Jabar menjadi sarang para wartawan yang ‘seram’, salah satunya Cirebon, Kuningan dan Bekasi," sebutnya.(*)

    fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Menpar: Wisata di Kota Bandung Sudah Paripurna
    AHY: Generasi Muda Siap, Indonesia Siap!
    Konsorsium Revisi Penlok LRT Jakarta-Bandung
    Pemprov Prioritas Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu
    Progres Proyek Bendungan Kuningan Sudah 84%
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Memilih
      Selamat Memilih

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 resmi dihelat Rabu, 27 Juni 2018 ini.

      Advertisement On Google