web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Kesbangpol Kota Bandung Fokus Bina Pemilih Pemula
    Istimewa Kesbangpol Kota Bandung di acara Bandung Menjawab.

    Kesbangpol Kota Bandung Fokus Bina Pemilih Pemula

    JuaraNews, Bandung - Pelaksaan Pilkada di Kota Bandung sudah di depan mata. Menyambut pesta demokrasi tersebut, Pemkot Bandung berusaha mengoptimalkan partisipasi pemilih melalui berbagai cara.

    Salah satu hal yang dilakukan oleh Pemkot melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung adalah menyosialisasikan dan pembinaan kepada pemilih pemula Kota Bandung yang jumlahnya mencapai 9,27% dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau 153.006 pemilh dari 1.650.333 pemilik hak suara.

    Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kesbangpol Kota Bandung, Iwan Hernawan menuturkan, pembinaan kelompok pemula ini untuk meningkatkan kesadaran mereka agar menggunakan hak pilihnya. Pasalnya, berkaca dari Pemilihan Wali Kota Bandung Tahun 2013 lalu, hanya 60,47% warga yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan suaranya.

    Selain itu, pembinaan ini untuk mengantisipasi adanya penyebaran isu-isu palsu (hoaks) yang berpotensi mengganggu kondusivitas masyarakat. Pemkot Bandung tak ingin ada berita hoaks yang tersebar khususnya di kalangan pemilih pemula.

    “Ada banyak jejaring di Kota Bandung yang kami manfaatkan. Jejaring itu kuat sampai ke tingkat RW. Jaringan dan mitra strategis ini berupaya misalnya kalau ada yang menyebarkan informasi negatif tentang kebijakan pemerintah, kami mudah mencari data info di jaringan intel daerah,” tuturnya dalam Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung, Selasa (10/4/2018).

    Ditambahkan Kepala Subbidang Politik Dalam Negeri, Teguh Haris Pathon, penyebaran hoaks di kalangan pemilih pemula sangat mungkin terjadi. Penggunaan media sosial yang aktif dilakukan oleh penduduk usia pemuda memudahkan penyebaran informasi yang masif.

    “Oleh karena itu kita sering mengadakan sosialisasi dan pendidikan politik ke pemilih pemula. Di sana kita sampaikan agar jangan terbawa isu yang tidak benar dan tidak jelas,” ujarnya..

    Di samping pemilih pemula, Kesbangpol juga memberikan perhatian kepada pemilih difabel yang berjumlah 1.571 orang di Kota Bandung. Pembinaan dilakukan untuk memastikan mereka menggunakan hak pilihnya pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang. “Target tahun 2018 partisipasi pemilih naik menjadi 78%,” katanya.(*)

    fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Ombudsman Jabar Puji Program LAPOR Kota Bandung
    Pemkot Data Korban Kebakaran Pasar Gedebage
    Ekonomi Mandiri Berikan Manfaat bagi Masyarakat
    Peduli Kanker, Pemkot Bandung Dukung Program YKI
    Pemkot Bandung Bangun Microlibrary di Kiaracondong
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Memilih
      Selamat Memilih

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 resmi dihelat Rabu, 27 Juni 2018 ini.

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018