web stats service from statcounter

Hot News


  • Plt Ketum PSSI Joko Driyono Resmi Ditahan
    Plt Ketum PSSI Joko Driyono Resmi Ditahan
    • 26 Maret 2019 | 02:59:00 WIB

    SATGAS Anti Mafia Bola Polri resmi menahan mantan Plt Ketim PSSI Joko Driyono, tersangka kasus dugaan pengaturan skor, Senin (25/3/2019).

Inspirasi


  • Menikah dan Perjuangan
    Menikah dan Perjuangan

    SUAMI dan istri yang sudah menikah, semakin lama komunikasi yang terjadi kurang harmonis.

    Pemprov Terapkan Sistem Merit Pengangkatan Pejabat
    net Sekda Jabar Iwa Karniwa

    Pemprov Terapkan Sistem Merit Pengangkatan Pejabat

    JuaraNews, Bandung - Pemprov Jabar akan menerapkan sistem merit dalam proses kenaikan atau pengangkatan pejabat.

    Merit system merupakan penilaian kinerja aparatur sipil negara berdasarkan prestasi kerja, kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar. Penerapan sistem merit yakni adanya kesesuaian dan kecakapan yang dimiliki seorang pegawai dengan jabatan yang dipercayakan padanya, meliputi penugasan tugas dan kinerja.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa mengatakan, nantinya proses pengangkatan pejabat di Pemprov Jabar akan mengendepankan sosok atau figur dengan kemampuan dan kinerja terbaiknya.

    Iwa menuturkan beberapa waktu lalu pihaknya dan Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah menggelar pertemuan dan pembahasan penerapan sistem merit dalam proses kenaikan jabatan di lingkungan Pemerintah Provinsi Jabar.

    Dia menjelaskan, sistem merit adalah cerminan manajemen kepegawaian yang profesional di mana penempatan pegawai dan pejabat menggunakan kompetensi kinerja dan track record sebagai alat ukur pengangkatan.

    "Jadi penerapan sistem ini yang akan didorong ke depan terkait pengangkatan jabatan di lingkungan Pemprov Jabar," kata Iwa di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Senin (9/4/2018).

    Menurut Iwa, sistem merit berbeda dengan proses uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan untuk mencari figur yang tepat untuk mengisi jabatan. Dengan sistem merit ini, maka lebih banyak digunakan untuk pengangkatan pejabat dalam struktur dinas.

    "Sehingga kalau di bidang tertentu ada kesinambungan jika pejabat yang diangkat masih di dalam struktur dinas itu," katanya.

    Dia mengatakan, sistem merit ini nantinya selain menghasilkan figur pejabat yang mumpuni dan memiliki kinerja bagus juga tidak akan mengganggu kondisi internal karena memiliki kesinambungan dengan pejabat lama. "Jadi sistem ini arahnya pada percepatan dan peningkatan pelayanan publik di Jabar," kata Iwa.

    Iwa menambahkan, hingga saat ini sistem merit belum sepenuhnya diterapkan dalam proses promosi dan mutasi pejabat di lingkungan Pemprov Jabar. "Badan Kepegawaian Daerah dan Komisi ASN sudah membahas ini, ke depan ini akan diterapkan," pungkasya. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Plt Ketum PSSI Joko Driyono Resmi Ditahan
    Polda, TNI  gelar Deklarasi Damai Pemilu 2019
     Proyek Infrastruktur Ditarget Rampung pada 2023
    Bahas TAP Jabar, DPRD Kembali Undang Pemprov
    Jumlah Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN 2019 Turun

    Editorial


    • Gong Xi Fa Chai
      Gong Xi Fa Chai

      SELASA (15/2/209) ini merupakan hari istimewa bagi orang-orang Tionghoa atau keturunan China di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.