web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Pemprov Terapkan Sistem Merit Pengangkatan Pejabat
    net Sekda Jabar Iwa Karniwa

    Pemprov Terapkan Sistem Merit Pengangkatan Pejabat

    JuaraNews, Bandung - Pemprov Jabar akan menerapkan sistem merit dalam proses kenaikan atau pengangkatan pejabat.

    Merit system merupakan penilaian kinerja aparatur sipil negara berdasarkan prestasi kerja, kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar. Penerapan sistem merit yakni adanya kesesuaian dan kecakapan yang dimiliki seorang pegawai dengan jabatan yang dipercayakan padanya, meliputi penugasan tugas dan kinerja.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa mengatakan, nantinya proses pengangkatan pejabat di Pemprov Jabar akan mengendepankan sosok atau figur dengan kemampuan dan kinerja terbaiknya.

    Iwa menuturkan beberapa waktu lalu pihaknya dan Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah menggelar pertemuan dan pembahasan penerapan sistem merit dalam proses kenaikan jabatan di lingkungan Pemerintah Provinsi Jabar.

    Dia menjelaskan, sistem merit adalah cerminan manajemen kepegawaian yang profesional di mana penempatan pegawai dan pejabat menggunakan kompetensi kinerja dan track record sebagai alat ukur pengangkatan.

    "Jadi penerapan sistem ini yang akan didorong ke depan terkait pengangkatan jabatan di lingkungan Pemprov Jabar," kata Iwa di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Senin (9/4/2018).

    Menurut Iwa, sistem merit berbeda dengan proses uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan untuk mencari figur yang tepat untuk mengisi jabatan. Dengan sistem merit ini, maka lebih banyak digunakan untuk pengangkatan pejabat dalam struktur dinas.

    "Sehingga kalau di bidang tertentu ada kesinambungan jika pejabat yang diangkat masih di dalam struktur dinas itu," katanya.

    Dia mengatakan, sistem merit ini nantinya selain menghasilkan figur pejabat yang mumpuni dan memiliki kinerja bagus juga tidak akan mengganggu kondisi internal karena memiliki kesinambungan dengan pejabat lama. "Jadi sistem ini arahnya pada percepatan dan peningkatan pelayanan publik di Jabar," kata Iwa.

    Iwa menambahkan, hingga saat ini sistem merit belum sepenuhnya diterapkan dalam proses promosi dan mutasi pejabat di lingkungan Pemprov Jabar. "Badan Kepegawaian Daerah dan Komisi ASN sudah membahas ini, ke depan ini akan diterapkan," pungkasya. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Iriawan: Maknai HUT RI dengan Aksi Nyata
    Indonesia Jadi Tujuan Melanjutkan Pendidikan
    PT KAI Siap Sukseskan Asian Games 2018
    Aher tak Bisa jadi Calon Wakil Gubernur DKI
    RSHS Bandung, RS rujukan Atlet Asian Games 2018
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Dirgahayu Republik Indonesia
      Dirgahayu Republik Indonesia

      PADA 17 Agustus 2018, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-73 tahun. Memeringati terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan.

      Advertisement On Google