web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

     Balita Penderita TBC di Cimahi Karena Lingkungan
    net

    Balita Penderita TBC di Cimahi Karena Lingkungan

    JuaraNews, Cimahi – Dinas Kesehatan Kota Cimahi menuding jika penyebab kasus tuberculosis yang balita di Kelurahan Utama akibat pola hidup yang tidak bersih. Hal itu sekaligus membantah jika balita berusia 6 tahun di RW 09, Kampung Cibodas Campaka, Kelurahan Utama itu mengidap TBC akibar pencemaran industri.

    Penuturan tersebut bertolak belakang dengan dugaan warga sekitar yang mengatakan jika aktivitas pencemaran industri di kawasan pemukiman padat penduduk itu menjadi alasan kasus tb banyak terjadi di wilayahnya.

    Kawasan RW 09 Kampung Cibodas Campaka, memang menjadi salah satu kawasan padat penduduk, yang juga berdampingan dengan puluhan bahkan ratusan pabrik.

    Menurut Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Fitriani Manan, pencemaran limbah batu bara yang belakangan ini kembali mengemuka, bukan penyebab utama kasus tuberculosis menyerang warga.

    Debu-debu dari batu bara yang jika benar menyerang warga, jika bersentuhan dengan kulit hanya menyebabkan gatal-gatal, infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), ataupun mata perih.

    "Kalau secara khusus menjadi penyebab tubrculosis, itu sepertinya tidak mungkin. Kalau kemudian memperberat gejala ISPA dan tuberculosis, itu masih masuk akal,” kata dia.

    Menurutnya untuk temuan kasus anak usia 6 tahun yang terkena tuberculosis belum ada laporan, karena petugas puskesmas pun rutin melakukan pengecekan.

    Terkait kasus tuberculosis yang menyerang bocah berusia 6 tahun di kampung tersebut, Fitriani menduga kuat jika ada orang dewasa yang sudah mengidap tuberculosis dan akhirnya menularkan pada orang lain du kampung tersebut, termasuk anak-anak.

    "Keluarga anak yang terserang tuberculosis itu, harus juga dilakukan pemeriksaan dahak dan yang lainnya," ucapnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Petugas Buat Sketsa Wajah Bocah Korban Pembunuhan
    Pembangunan PAB Kota Cimahi Segera Dilanjutkan
    288 ASN di Pemkot Cimahi Diganjar Penghargaan
    Lulusan SD dan yang Diterima di SMPN Tak Sebanding
    Satgas kembali Temukan Limbah Dibuang ke Sungai
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Memilih
      Selamat Memilih

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 resmi dihelat Rabu, 27 Juni 2018 ini.

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018