web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Antisipasi Pohon Tumbang, Pemkot Maksimalkan LAPOR
    net ilustrasi

    Antisipasi Pohon Tumbang, Pemkot Maksimalkan LAPOR

    JuaraNews, Bandung - Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Pertanahan, dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung memaksimalkan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), untuk mengantisipasi pohon tumbang.

    Hal tersebut dilakukan mengingat curah hujan tinggi dan angin kencang yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir ini.

    "Kami mengimbau untuk warga jika menemukan kondisi pohon yang sudah mulai miring atau dahannya bergelantungan karena patah, agar segera laporkan kepada kami baik melalui surat atau aplikasi LAPOR," ungkap Kepala Sub Bagian TU UPT Penghijauan Pertamanan dan Pemeliharaan Pohon DPKP3 Kota Bandung, Mustopa di kantornya, Jalan Caringin, Kota Bandung, Jumat (6/4/2018).

    Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, kata Mustopa, tim akan merespons cepat dan menjadwalkan untuk mengamankan pohon tersebut.

    Kawasan yang cukup berpotensi terjadinya pohon tumbang, jelas Mustopa, yakni kawasan Jalan Dipatiukur, Lengkong, Cicendo, Sukajadi, Cipaganti, dan sejumlah lokasi lainnya. Mengingat di kawasan tersebut banyak terdapat pohon besar yang berusia tua, dengan diameter di atas 1 meter.

    "Kalau jumlah pohon memang cukup banyak dan belum bisa diprediksi kapan akan tumbang. Tapi beberapa kawasan tersebut cukup berpotensi dan terus dilakukan pemantauan," tandas Mustopa.

    Menurutnya, beberapa jenis pohon seperti Mahoni dan Angsana akan semakin kokoh, bila semakin bertambah umurnya. Namun tetap memungkinkan tumbang karena faktor lingkungan atau pembangunan infrastruktur yang mengganggu tempat berdirinya pohon.

    Adapun untuk mengantisipasi beberapa jenis pohon yang rentan tumbang, pihaknya selalu melakukan monitoring setiap hari dengan menerjunkan 4 tim pemangkasan yang selalu mobile. Tim tersebut akan melaporkan kondisi setiap pohon yang ditemui.

    Pihaknya juga memangkas beberapa bagian pohon guna mengurangi beban dari pohon tersebut. Seperti mengurangi jumlah rimbunan daun, memangkas ranting, atau batang yang sudah menjulur ke badan jalan raya.

    "Dikhawatirkan dapat mengganggu pejalan kaki atau pengguna kendaraan, karena dengan langkah tersebut maka pohon akan tetap hidup dan bertahan," imbuhnya. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Polisi Takkan Tutup Rute West Java Marathon
    Benny Bachtiar Ditunjuk Jadi Sekda Kota Bandung
    Kota Bandung Raih 2 Penghargaan dari Kemenpar
    Perwakilan Bank Dunia Kunjungi Kota Bandung
    Mang Oded Komitmen Sejahterakan Guru TKQ-TPQ
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Memilih
      Selamat Memilih

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 resmi dihelat Rabu, 27 Juni 2018 ini.

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018