web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Aher Raih Bintang Astha Brata Utama Pamong Praja
    humas pemprov jabar Aher saat menerima penghargaan dari Mendagri

    Aher Raih Bintang Astha Brata Utama Pamong Praja

    JuaraNews, Sumedang - Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menganugerahi penghargaan Bintang Astha Brata Utama Pamong Praja kepada Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

    Penghargaan tertinggi di bidang Kepamongprajaan tersebut diberikan kepada Aher karena dinilai telah sukses membangun Jabar dan membina para Alumni Praja selama 2 eriode kepemimpinannya sebagai Gubernur Jabar pada 2008-2013 dan 2013-2018. Astha Brata Utama Pamong Praja ini sebagai bentuk perhatian Presiden RI kepada pemimpin daerah yang sukses di bidang pemerintahan.

    Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo kepada Aher dalam prosesi Penganugerahan Astha Brata Utama Pamong di Kampus IPDN, Jatinangor Kabupaten Sumedang, Kamis (5/4/2018) pagi.

    Tjahyo Kumolo mengungkapkan, prestasi Aher harus bisa ditiru oleh para Praja. Terlebih lagi Praja adalah kader pelopor penggerak revolusi mental. Menurut Mendagri, Aher telah mampu melaksanakan hampir 100% janji politiknya saat kampanye Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar pada 2008 dan 2013.

    "Beliau mampu melaksanakan janji kampanye Pak Aher 10 tahun yang lalu sebagai gubernur. Begitu jadi Gubernur, tahun ini setidaknya beliau sudah 100 persen melaksanakan janji politiknya," ujar Tjahyo dalam sambutannya seusai menyerahkan pengharagaan.

    "Beliau juga telah sukes melaksanakan apa yang menjadi program strategis Pemerintah Pusat. Dan ini dibuktikan oleh Bapak Ahmad Heryawan," lanjutnya.

    Tjahyo menambahkan, bahwa setiap pemimpin harus punya impian atau imajinasi dan gagasan. Melalui hal itu, seorang pemimpin akan mempunyai konsep. Dengan konsep dan gagasan tersebut maka seorang pemimpin akan mempunyai keberanian untuk melangkah.

    Hal itulah yang menjadi dasar Presidne pertama RI, Ir Soekarno mendirikan IPDN di Malang dan Lemhanas. "Seorang pemimpin harus berani melangkah, berani bergerak untuk mengorganisir konsep dan ide dan gagasan itu. Mari kita bangun pemerintahan yang bersih, yang taat pada undang-undang," ucap Tjahyo.

    Pada masa Pilkada langsung yang mulai digelar pada 2003, ada 5 gubernur yang telah dipercaya masyarakatnya memimpin 2 periode berturut-turut. Yakni Gubernur Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. Rektor IPDN Ermaya Suradinata mengungkapkan, kelima Gubernur tersebut mendapat penghargaan tertinggi ini.

    Ermaya menyebutkan, penghargaan tersebut merupakan bentuk perhatian Presiden RI kepada kepala daerah berprestasi. "Bintang Astha Brata Utama Pamong Praja sebagai bentuk perhatian Presiden RI sebagai seorang pamong yang telah sukses melaksanakan tugas di Jawa Barat dan telah sukses membangun Indonesia dari Jawa Barat," kata Ermaya dalam sambutannya.

    Selain para Gubernur, ada 2 menteri Kabinet Kerja yang mendapat tanda kehormatan Bintang Astha Brata Utama Pamong Praja, yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur.

    Penganugerahan Bintang Astha Brata Utama Pamong Praja adalah rangkaian kegiatan Pertemuan Akbar dan Seminar Nasional Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Tahun 2018. Acara ini merupakan puncak acara Dies Natalis ke-62 IPDN tahun 2018. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Diperiksa 21 Jam, Status Inneke Masih Saksi
    PPBN Pramuka Bentuk Generasi Muda Patriotik
    Proyek Bendungan Leuwikeris Paket 1 Sudah 30%
    Pemprov Cairkan Bonus untuk Atlet Paralimpik
    Pindah Ke Nasdem, Darus Mundur dari DPR RI
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Memilih
      Selamat Memilih

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 resmi dihelat Rabu, 27 Juni 2018 ini.

      Advertisement On Google