Unpad Temukan Teh Manis Pencegah Diabetes
Konprensi Pers Launching Teh Dia

Unpad Temukan Teh Manis Pencegah Diabetes

JuaraNews, Bandung – Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad) berhasil menemukan teh berkadar gula rendah, yang diberi nama Teh Dia. Teh ini merupakan ramuan ekslusif daun teh dan daun stevia yang diyakini bisa mencegah penyakit gula atau diabetes.

Soft Launching hasil penemuan ini digelar di Hotel Prama Preangger Bandung, Kamis (5/4/2019). Acara digelar dalam Bandung International Confrence on collaborative Pharmacy Reseach 2018.

Pembantu Rektor Unpad Bidang Riset Pengabdian Masyarakat, Dr. Keri Lestari Dandan, mengatakan, penelitian terhadap teh ini memerlukan waktu dua tahun lebih, khususnya dalam menghilangkan rasa ketar yang muncul dari campuran daun teh dan daun stevia ini. “Dan kita berhasil menghilangkan rasa ketar itu, tanpa obat ataupun ramuan kimia. Menghilangkan rasa ketar ini yang cukup sulit dan prosesnya lama,” kata Keri saat konprensi pers di hotel Prama Preangger.

Ia mengatakan, biasanya orang menikmati teh sebagai minuman kudapan, dengan kehawatiran kadar gula yang sangat tinggi. Namun, katanya, dengan teh hasil temuannya itu kekhawatiran tersebut hilang karena kadar gula tetap rendah tanpa harus kehilangan rasa manis. “Teh ini tetap rasanya manis, menggunakan pemanis alami daun stevia. Kadar gulanya pun rendah,” katanya.

Daun Stevia, katanya, memiliki rasa manis 200-300 kali gula biasa, namun memiliki nol kalori. Di Indonesia, katanya, daun stevia ini masih terbilang jarang dibudidayakan. Di Jawa Barat, katanya, sebagian kecil petani di Ciwidey melakukan budidaya daun stevia ini, yang dibina langsung oleh PT DPE, mitra Universitas Padjadjaran dalam mengembangkan teh ini. (*)

ude

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Ambil Uang Pensiun, Ini Tips dan Panduan yang Dibuat Pos Indonesia
 PEMBAYARAN GAJI PENSIUN, POS INDONESIA TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN
Rupiah Menguat di Tengah Wabah Virus Corona
Pos Indonesia Terapkan Protokol Antisipasi Penyebaran Corona
Antispasi Serangan Virus Corona, Bank BJB Berlakukan Work Form Home

Editorial