web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Maret 2018, Jabar Alami Inflasi 0,29 Persen

    Maret 2018, Jabar Alami Inflasi 0,29 Persen

    JuaraNews, Bandung - Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar mencatat Inflasi di Jabar pada Maret 2018 sebesar 0,29%, lebih tinggi dibanding nasional yang mencapai 0,20%.

    Kepala BPS Jabar Dody Herlando menjelaskan, laju inflasi kali paling besar disumbang oleh kelompok pengeluaran bahan makanan yang mencapai 0,10%.

    Inflasi pada bahan makanan sendiri dipicu kenaikan harga komoditas subkelompok daging sebesar 1,99%, ikan diawetkan 0,56%, sayuran 1,21%, kacang 0,03%, buah 0,28%, bumbu 9,39%, serta bahan makanan lainnya 1,25%. Sementara subkelompok yang mengalami deflasi antara lain padi dan umbi sebesar 3,72%, ikan segar 1,02%, telur dan susu 0,14%, serta minyak dan lemak 0,04%.

    Adapun kelompok lain penyumbang inflasi yakni kelompok pengeluaran transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan, serta kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga dengan andil sebesar 0,06%.

    Pada kedua kelompok pengeluaran tersebut komoditas yang mengalami kenaikan harga di antaranya tarif sewa motor, bensin, solar, kendaraan rental, rekreasi, sepeda anak, kamera, serta biaya fotokopi.

    "Beras sudah turun. Namun harga oli dan sewa kendaraan naik sehingga memengaruhi transportasi. Ini dampak dari gejolak ekonomi karena harga minyak dunia naik," ujar Dody, Senin (2/3/2018).

    Sementara itu, kota-kota di Jabar yang menjadi penyumbang inflasi dan deflasi. Penyumbang inflasi terbesar yakni Bekasi sebesar 0,66%. Disusul Kota Bandung dan Bogor masing-masing sebesar 0,21% serta 0,20%. Sementara Kota Cirebon mengalami deflasi 0,29%.

    "Inflasi relatif kecil tapi patut diwaspadai. Ini menjadi perhatian dari para pengambil kebijakan. Apalagi Jabar memiliki potensi yang khas karena jumlah konsumen tinggi dengan jumlah produsen banyak," ujar Dody. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    KAI Raih Penghargaan Contact Center World 2018
    Ridwan Kamil Dorong Digitalisasi Koperasi
    Blibli.com Kembali Jaring Pengusaha Kreatif Muda
    Harga Telur Masih Mahal, yang Pecah Jadi Pilihan
    Bank bjb Optimistis Capai Target Labar Triwulan II
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Memilih
      Selamat Memilih

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 resmi dihelat Rabu, 27 Juni 2018 ini.