web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


  • Menikah dan Perjuangan
    Menikah dan Perjuangan

    SUAMI dan istri yang sudah menikah, semakin lama komunikasi yang terjadi kurang harmonis.

    Maret 2018, Jabar Alami Inflasi 0,29 Persen

    Maret 2018, Jabar Alami Inflasi 0,29 Persen

    JuaraNews, Bandung - Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar mencatat Inflasi di Jabar pada Maret 2018 sebesar 0,29%, lebih tinggi dibanding nasional yang mencapai 0,20%.

    Kepala BPS Jabar Dody Herlando menjelaskan, laju inflasi kali paling besar disumbang oleh kelompok pengeluaran bahan makanan yang mencapai 0,10%.

    Inflasi pada bahan makanan sendiri dipicu kenaikan harga komoditas subkelompok daging sebesar 1,99%, ikan diawetkan 0,56%, sayuran 1,21%, kacang 0,03%, buah 0,28%, bumbu 9,39%, serta bahan makanan lainnya 1,25%. Sementara subkelompok yang mengalami deflasi antara lain padi dan umbi sebesar 3,72%, ikan segar 1,02%, telur dan susu 0,14%, serta minyak dan lemak 0,04%.

    Adapun kelompok lain penyumbang inflasi yakni kelompok pengeluaran transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan, serta kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga dengan andil sebesar 0,06%.

    Pada kedua kelompok pengeluaran tersebut komoditas yang mengalami kenaikan harga di antaranya tarif sewa motor, bensin, solar, kendaraan rental, rekreasi, sepeda anak, kamera, serta biaya fotokopi.

    "Beras sudah turun. Namun harga oli dan sewa kendaraan naik sehingga memengaruhi transportasi. Ini dampak dari gejolak ekonomi karena harga minyak dunia naik," ujar Dody, Senin (2/3/2018).

    Sementara itu, kota-kota di Jabar yang menjadi penyumbang inflasi dan deflasi. Penyumbang inflasi terbesar yakni Bekasi sebesar 0,66%. Disusul Kota Bandung dan Bogor masing-masing sebesar 0,21% serta 0,20%. Sementara Kota Cirebon mengalami deflasi 0,29%.

    "Inflasi relatif kecil tapi patut diwaspadai. Ini menjadi perhatian dari para pengambil kebijakan. Apalagi Jabar memiliki potensi yang khas karena jumlah konsumen tinggi dengan jumlah produsen banyak," ujar Dody. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Rute Penerbangan dari Husein akan Dipindah ke BIJB
    Garuda Turunkan Harga Tiket Semua Jurusan JuaraNew
    Mulai Hari ini, Harga BBM Turun
    Kemenhub Evaluasi Penerapan Bagasi Berbayar
    Pengajuan Penangguhan UMK 53 Perusahaan Disetujui

    Editorial


    • Gong Xi Fa Chai
      Gong Xi Fa Chai

      SELASA (15/2/209) ini merupakan hari istimewa bagi orang-orang Tionghoa atau keturunan China di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.