web stats service from statcounter

Hot News

  • Emil Akan Panggil PT Agronesia
    Emil Akan Panggil PT Agronesia
    • 20 September 2018 | 10:04:00 WIB

    GUBERNUR Jabar mengaku tidak mengetahui adanya tunggakan iuran BPJS karyawan PT Agronesia.

Inspirasi

    April, Potensi Bencana Alam Diprediksi Berkurang
    JuaraNews/Abdul Basir. Kepala PVMBG, Kasbani.

    April, Potensi Bencana Alam Diprediksi Berkurang

    JuaraNews, Bandung - Potensi bencana alam seperti longsor dan banjir selama periode April 2018 diprediksi bakal berkurang dibandingkan Februari dan Maret.

    Meski begitu, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani tetap mengimbau masyarakat untuk waspada, sebab potensi terjadinya gerakan tanah maupun banjir masih mungkin terjadi.

    Sejumlah wilayah yang termasuk kategori bencana di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

    Kemudian Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua Barat, Papua.

    Meskipun potensi longsor pada April 2018 cenderung menurun, Kasbani kembali mengingatkan agar masyarakat dan pemerintah daerah tetap perlu meningkatkan kesiapsiagaan.

    Lantaran Longsor yang terjadi pada saat bukan musim penghujan ini menyebabkan masyarakat kurang waspada karena hujan sudah tidak ada dan beraktivitas normal seperti berkebun atau kesawah.

    "Masyarakat yang tingal di bawah atau pada lereng terjal, di daerah aliran sungai atau sepadan sungai harus senantiasa waspada terhadap ancaman longsoran pada saat hujan dan tidak hujan, serta mengenal tanda-tanda awal sebelum longsor," kata Kasbani di kantor Geologi Jabar, Jalan Diponegogo, Kota Bandung, Selasa (3/4/2018).

    Tanda-tanda awal longsor ini, jelas Kasbani, umumnya muncul retakan pada lereng, beberapa pohon atau tiang listrik sudah mulai miring. Kemudian tiba-tiba muncul rembesan pada lereng, runtuhan batu kecil mulai terjadi, terjadi pembendungan sungai atau air sungai tiba-tiba tidak mengalir, dan lereng tiba-tiba mengembung.

    "Jika mengenali tanda-tanda awal longsor tersebut sebaiknya mengungsi dulu atau menjauhi lereng," tutupnya.(*)

    Oleh: abdul basir / fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Emil Akan Panggil PT Agronesia
    PT Agronesia Diduga Tilep Dana BPJS Rp3,6 Miliar
    Emil Harus Segera Rombak Birokrasi Pemprov Jabar
    Baru 2 Pekan jadi Gubenur, Emil Dapat Penghargaan
    Tim Sinkronisasi Usulkan 742 Program pada Emil
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google