blog counter

Hot News


Opini


    April, Potensi Bencana Alam Diprediksi Berkurang



    April, Potensi Bencana Alam Diprediksi Berkurang
    Kepala PVMBG, Kasbani. JuaraNews/Abdul Basir.

    JuaraNews, Bandung - Potensi bencana alam seperti longsor dan banjir selama periode April 2018 diprediksi bakal berkurang dibandingkan Februari dan Maret.

    Meski begitu, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani tetap mengimbau masyarakat untuk waspada, sebab potensi terjadinya gerakan tanah maupun banjir masih mungkin terjadi.

    Sejumlah wilayah yang termasuk kategori bencana di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

    Kemudian Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua Barat, Papua.

    Meskipun potensi longsor pada April 2018 cenderung menurun, Kasbani kembali mengingatkan agar masyarakat dan pemerintah daerah tetap perlu meningkatkan kesiapsiagaan.

    Lantaran Longsor yang terjadi pada saat bukan musim penghujan ini menyebabkan masyarakat kurang waspada karena hujan sudah tidak ada dan beraktivitas normal seperti berkebun atau kesawah.

    "Masyarakat yang tingal di bawah atau pada lereng terjal, di daerah aliran sungai atau sepadan sungai harus senantiasa waspada terhadap ancaman longsoran pada saat hujan dan tidak hujan, serta mengenal tanda-tanda awal sebelum longsor," kata Kasbani di kantor Geologi Jabar, Jalan Diponegogo, Kota Bandung, Selasa (3/4/2018).

    Tanda-tanda awal longsor ini, jelas Kasbani, umumnya muncul retakan pada lereng, beberapa pohon atau tiang listrik sudah mulai miring. Kemudian tiba-tiba muncul rembesan pada lereng, runtuhan batu kecil mulai terjadi, terjadi pembendungan sungai atau air sungai tiba-tiba tidak mengalir, dan lereng tiba-tiba mengembung.

    "Jika mengenali tanda-tanda awal longsor tersebut sebaiknya mengungsi dulu atau menjauhi lereng," tutupnya.(*)

    Oleh: abdul basir / fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Siapkan Juru Ledak Pertambangan, PPSDM Geominerba dan PT AMNT Jalin Kerjasama
    Tiga Diklat ASN Perdana Dibuka Awal Tahun 2023
    Wagub Uu: Pentingnya Wawasan Poitik Bagi Pelajar
    AHY Ajak Nasdem dan PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan untuk Usung Anies Baswedan
    Bangun Rumah Jabatan Menteri di IKN Rp14 Miliar per Unit, Ini Penjelasan PUPR
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads