PVMBG Catat 146 Pergerakan Tanah Selama Maret - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda
Pos Indonesia

Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    PVMBG Catat 146 Pergerakan Tanah Selama Maret
    JuaraNews/Abdul Basir. Kepala PVMBG, Kasbani.

    PVMBG Catat 146 Pergerakan Tanah Selama Maret

    JuaraNews, Bandung - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat ada 146 kejadian pergerakan tanah dan longsor di 43 kabupaten/kota di Indonesia selama bulan Maret lalu.

    Berdasarkan rekap data PVMBG pergerakan tanah ataupun longsor selama periode Maret 2018, mayoritas terjadi di Pulau Jawa. Kemudian di Sulawesi, Maluku, Papua dan sebagian Sumatera yang sebagian dipicu oleh tingginya intensitas hujan.

    "Selama bulan Maret terjadi 146 kejadian gerakan tanah dan longsor di 43 kabupaten kota, dimana sebagian besar terjadi di Pulau Jawa. Dampak kejadian tersebut, mengakibatkan 431 rumah bangunan rusak, 8 orang meninggal," ujar Kepala PVMBG, Kasbani di Kantor Geologi Jabar, Jalan Diponegogo, Kota Bandung, Selasa (3/4/2018).

    Dijelaskan Kasbani, wilayah Jawa Barat, terutama kawasan puncak (Cianjur dan Bogor) jadi titik paling rawan terjadinya longsor. Hal itu dibuktikan oleh kejadian yang berulang kali, termasuk yang belum lama ini terjadi di kawasan Puncak Pass.

    "Longsor sering terjadi di puncak kejadian pertama kali terjadi Januari 2009, 2013 dan 2014 tepatnya pada kolam dan taman bagian belakang Hotel Puncak Pass Resort," kata Kasbani.

    "Penanganan longsor secara komprehensif dan menyeluruh (penguatan lereng dengan tiang pancang, perbaikan drainase dan sub drainase lereng. Mulai bagian atas sampai bagian bawah lereng harus dilakukan Mengingat luasan dan volume gerakan tanah yang luas pada area tersebut termasuk area di belakang Hotel Puncak Pas Resort yang berdekatan dengan pemukiman," tutupnya.(*)

    Oleh: abdul basir / fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Jabar Gunakan SimcovID Untuk Ukur Angka Reproduksi (Rt) COVID-19
    Jabar Perketat Pengawasan Melalui Mobile COVID-19 Test
    Aktivitas Masjid pada New Normal Hanya di Zona Biru
    10 Provinsi tak Laporkan Adanya Penambahan Covid-19
    Pemerintah Ijinkan 102 Zona Hijau Kembali Produktif, Jawa Barat tak Termasuk
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads