web stats service from statcounter

Hot News


  • Pembangunan Kolam Gedebage Rampung  Akhir 2019
    Pembangunan Kolam Gedebage Rampung Akhir 2019
    • 20 Juni 2019 | 07:55:00 WIB

    KADIS PU Kota Bandung, Didi Ruswandi mengungkapkan, proses pembangunan kolam retensi Gedebage sudah memasuki tahap lelang. Targetnya rampung Akhir 2019 mendatang.

Inspirasi


  • Menikah dan Perjuangan
    Menikah dan Perjuangan

    SUAMI dan istri yang sudah menikah, semakin lama komunikasi yang terjadi kurang harmonis.

    PVMBG Catat 146 Pergerakan Tanah Selama Maret
    JuaraNews/Abdul Basir. Kepala PVMBG, Kasbani.

    PVMBG Catat 146 Pergerakan Tanah Selama Maret

    JuaraNews, Bandung - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat ada 146 kejadian pergerakan tanah dan longsor di 43 kabupaten/kota di Indonesia selama bulan Maret lalu.

    Berdasarkan rekap data PVMBG pergerakan tanah ataupun longsor selama periode Maret 2018, mayoritas terjadi di Pulau Jawa. Kemudian di Sulawesi, Maluku, Papua dan sebagian Sumatera yang sebagian dipicu oleh tingginya intensitas hujan.

    "Selama bulan Maret terjadi 146 kejadian gerakan tanah dan longsor di 43 kabupaten kota, dimana sebagian besar terjadi di Pulau Jawa. Dampak kejadian tersebut, mengakibatkan 431 rumah bangunan rusak, 8 orang meninggal," ujar Kepala PVMBG, Kasbani di Kantor Geologi Jabar, Jalan Diponegogo, Kota Bandung, Selasa (3/4/2018).

    Dijelaskan Kasbani, wilayah Jawa Barat, terutama kawasan puncak (Cianjur dan Bogor) jadi titik paling rawan terjadinya longsor. Hal itu dibuktikan oleh kejadian yang berulang kali, termasuk yang belum lama ini terjadi di kawasan Puncak Pass.

    "Longsor sering terjadi di puncak kejadian pertama kali terjadi Januari 2009, 2013 dan 2014 tepatnya pada kolam dan taman bagian belakang Hotel Puncak Pass Resort," kata Kasbani.

    "Penanganan longsor secara komprehensif dan menyeluruh (penguatan lereng dengan tiang pancang, perbaikan drainase dan sub drainase lereng. Mulai bagian atas sampai bagian bawah lereng harus dilakukan Mengingat luasan dan volume gerakan tanah yang luas pada area tersebut termasuk area di belakang Hotel Puncak Pas Resort yang berdekatan dengan pemukiman," tutupnya.(*)

    Oleh: abdul basir / fan

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Pemprov Jabar Bentuk Tim Investigasi Domisili PPDB
    Ini Imbauan Gubernur Jabar soal Pilkada 2020
    Akuntan Harus Beradaptasi dengan Industri 4.0
    3 Program Kadisnakertrans Jabar Tekan Pengangguran
    Mantan Presiden Mesir Meninggal Dunia

    Editorial